Pembinaan Amil Zakat Kabupaten Lobar

Senin, 10 Maret 2014 12:16

Pembinaan Amil Zakat Kabupaten Lobar

Gerung Inmas, 10/3/2014_”Oftimalisasi Peran dan Fungsi Amil Zakat Dalam Rangka Membangun Kesadaran Berzakat, Infaq dan Sadakah” adalah Thema dari Pembinaan Amil Zakat Kabupaten Lombok Barat yang pelaksanaannya bertempat di Hotel GrahaAyu Mataram tanggal 10 Maret2014 dengan 40 orang Peserta yang terdiri dari 20 orang Amil Zakat, 3 orang utusan Baznasda Kab. Lobar dan 17 orang dari unsur Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ, MIN, MTsN, MAN dan Dinas Instansi Kabupaten).

Zakat merupakan ibadah maaliyah ijtima’iyah yang memiliki posisi yang sangat penting dan  menentukan bagi pembangunan kesejahteraan ummat, awal laporan Ketua Panitia Penyelenggara yang diwakili oleh Saudara Lalu Rusdi Khaliq, S.Ag, disamping itu zakat juga memiliki dimensi yang luas dan kompleks, bukan saja nilai-nilai ibadah, moral, spiritual dan ukhrawi melainkan juga zakat mempunyai nilai ekonomi dan duniawi, lanjutnya.

 

Walaupun kewajiban zakat lebih terkait padamasing-masing pribadi muslim, tapi pada pelaksanaannya bukanlah semata-mata diserahkan kepada kesadaran muzakki (pemberi zakat) namun zakat juga merupakan persoalan kemasyarakatan yang memerlukan kehadiran sebuah Lembaga untuk mengatur pelaksanaannya, dan dapat dipahami bahwa lembaga/badan pengelola zakat memegang peran sentral dan sangat penting, lanjutnya dalam laporan Ketua Panitia Penyelenggara.

 

Disamping itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat yang diwakili oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Drs. H. Safarudin, S.Ag dalam sambutan dan pengarahannya mengatakan zakat adalah merupakan komponen dari salah satu Rukun Islam yang sama pentingnya dengan Rukun Islam yang lain, bedanya adalah pada dasarhukumnya, disamping fungsi zakat adalah untuk mensucikan harta yang kita miliki, sedangkan harapan Bapak Kepala Kantor Kemenag Kab. Lobar adalah para Peserta melalui zakat ini juga agar dapat mengentaskan kemiskinan, lanjutnya dan yang tidak kalah pentingnya adalah melalui Pembinaan Amil Zakat ini agar menambah kesadaran kita dan masyarakat untuk lebih berdaya guna.

Pembinaan Amil Zakat ini dibuka oleh Kepala Kemenag Lobar yang diwakili oleh Kasi Bimas Islam secara resmi dengan membaca basmalah. (L.A. Kemenag Lobar)

66
Share :

INFORMASI LAINNYA