Sejarah Lahirnya Aliran-aliran Dalam Islam

Sabtu, 10 Mei 2014 09:34

Sejarah Lahirnya Aliran-aliran Dalam Islam

Gerung Inmas, (10/5/14)_“Ada berbagai faktor yang menyebabkan munculnya berbagai macam paham di dalam Islam, ada yang bersifat politis karena persoalan kepemimpinan pasca Rasulullah SAW, juga karena adanya perbedaan dalam metode berpikir” ungkap Salimul Jihad dalam penyampaian materi pada Pembinaan Penyuluh Agama Islam yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat yang bertempat di Lombok Garden Hotel Mataram Sabtu, 10-5-2014.

Lanjut dalam penyampaian materinya mengatakan bahwa perbedaan ini juga disebabkanoleh dalil-dalil dan multi tafsir dan juga dipengaruhi oleh masuknya berbagai macam peradaban diluar Islam akibat dari perluasan wilayah kekuasaan Islam, ungkapnya panjang lebar, Islam adalah agama yang memiliki sumber ajaran dari sumber wahyu dan ra’yu.

Aliran-aliran keyakinan yang timbul pada saat itu adalah selain ahlissunnah waljamaah juga timbul aliran khawarij, syi’ah, jabariyyah, mu’tazilah dan aliran murji-ah.

Kelompok Ahlussunah wal jamaah berpijak pada pendapat-pendapat para sahabat yang mereka terima dari Rasulullah, kelompok ini disebut juga kelompok ahli hadist dan ahli fiqih karena merekalah pendukung dari aliran ini, aliran ini disatu sisi berdampak positiv tetapi disisi lain juga menimbulkan dampak negativ, maka dibutuhkan kemampuan yang baik untuk mengelola perbedaan tersebut. (Miq Olah)

 

 

 

 

 

 

 

377
Share :

INFORMASI LAINNYA