Pelaksanaan Peran Dan Tugas BP4 Dalam Membina Keluarga

Rabu, 11 Juni 2014 08:49

Pelaksanaan Peran Dan Tugas BP4 Dalam Membina Keluarga

Gerung Inmas, (11/6)_Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) merupakan sebuah lembaga yang bertujuan untuk mempertinggi mutu perkawinan guna mewujudkan keluarga yang sejahtera. BP4 Kecamatan yang ada di KUA Kecamatan mempunyai tugas memberikan bimbingan dan pendidikan kepada masyarakat khususnya kepada remaja pra usia nikah, calon pengantin (catin) yang akan melangsungkan pernikahan serta penasehatan kepada keluarga bermasalah.

Melihat bahwa di Kecamatan terdiri dari masyarakat dengan latar belakang yang berbeda, tidak menutup kemungkinan bahwa permasalahan keluarga bisa muncul setiap saat, untuk itu peran bimbingan dan penasehatan BP4 sangat diperlukan dan diharapkan dalam kinerjanya mampu mengantarkan menjadi keluarga yang bahagia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat melalui Kepala Seksi Bimas Islam H. Syaparudin selaku Pembina BP4 Kecamatan mengharapkan agar keberadaan BP4 Kecamatan difungsikan dengan seoptimal mungkin, harapnya dalam melihat permasalahan keluarga yang timbul ditengah-tengah masyarakat di sela-sela kesibukan Beliau di ruang kerjanya. Hasil klarifikasi Humas Kemenag Lobar dengan lembaga BP4 yang ada di KUA Kecamatan melakukan langkah-langkah BP4 secara garis besarnya adalah mengadakan bimbingan pra nikah, bimbingan bagi pasangan catin dan bimbingan bagi keluarga bermasalah.

Adapun dalam menjalankan tugas dan fungsi BP4 kecamatan terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambatannya, faktor pendukungnya adalah meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya arti keluarga yang sejahtera dan bahagia, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya sosialisasi dan pelatihan terhadap keberadaan BP4, namun dengan hambatan-hambatan tersebut BP4 telah berupaya memberikan bimbingan agar tercipta keluarga yang bahagia. (miq olah)

226
Share :

INFORMASI LAINNYA