Penampilan Ketrampilan Mengangkat Dan Memperkenalkan Khas NTB

Minggu, 24 Mei 2015 20:58

Penampilan Ketrampilan Mengangkat Dan Memperkenalkan Khas NTB

Narmada Inmas, 24/5_Dikesempatan ke dua pemantapan peserta Perkemahan Pramuka Santri Nusantara ke IV Tingkat Nasional Nusa Tenggara Barat mempersiapkan ketrampilan khas daerah Nusa Tenggara Barat untuk ditampilkan agar semakin dikenal oleh daerah lain sehingga menambah kecintaan untuk datang berkunjung ke daerah Nusa Tenggara Barat terutama dengan keindahan alamnya dan keramahan masyarakatnya.

Ketrampilan yang merupakan ciri khas daerah Nusa Tenggara Barat tersebut diantaranya adalah ketrampilan peresean, dimana Perisaian adalah seni bela diri yang merupakan tradisi masyarakat Sasak dengan menggunakan sebatang rotan ( sasak ; penjalin ) sebagai senjata dan perisai berbentuk persegi empat terbuat dari kulit rusa atau kulit sapi betina (sasak; ende ) sebagai pelindung.

Keterampilan ini diregenerasikan secara alami oleh masyarakat sebagai sebuah permainan rakyat yang kemudian berkembang dalam bentuk yang lebih terorganisir dalam bentuk event pertandingan yang diselenggarakan dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten sampai se-Pulau Lombok, permainan ini merupakan permainan yang dilaksanakan oleh lelaki remaja dan dewasa yang mengadu keterampilan bela diri dengan kemampuan permainan tongkat rotan dengan target utama mengenai kepala lawan.

Permainan dikatakan selesai manakala ada di antara sepasang petarung dapat memukul lawan dibagian kepala ( dagu ke atas ) sampai meneteskan darah. Seseorang yang sudah memiliki ketrampilan yang baik akan diberi gelar “Pepadu” (petarung), dan seorang petarung dengan kemampuan yang dimilikinya siap menerima lawan “tidak pandang bulu” untuk melahirkan seorang pepadu akan terseleksi secara alami ketika ia muncul sebagai pemenang dalam berbagai pertandingan.

Tentu yang paling utama adalah para Pembina mengasah ketrampilan peserta pramuka dalam kecekatan memasang tenda, memainkan morse, menggunakan tongkat dan tali dalam permainan pramuka. (miq olah)

64
Share :

INFORMASI LAINNYA