Kakanwil Buka Sosialisasi Mekanisme Pencairan Dana BOS

Rabu, 27 Mei 2015 10:23

Kakanwil Buka Sosialisasi Mekanisme Pencairan Dana BOS

Mataram, Inmas_ Penanganan pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi madrasah kini memasuki titik pencerahan. Setelah beberapa bulan belum muncul kabar pencairan dana BOS, hari ini (27/5/2015) seluruh kepala kantor Kementerian Agama Kab/Kota se-NTB, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah/Pendis dan Bendahara Pembantu diundang untuk menghadiri sosialisasi mekanisme pencairan dana BOS Tahun 2015. Bertempat di ruang rapat utama kanwil, turut hadir dalam pertemuan ini perwakilan dari pihak ketiga Bank Mandiri sebagai narasumber administrasi pencairan dana.

Dalam sambutan acara, Kakanwil Kemenag Prov. NTB, Drs. H. Sulaiman Hamid, SH, MH menyampaikan bahwa dalam beberapa minggu terakhir muncul keluhan dari madrasah terkait lambannya pencairan dana BOS. Melalui pertemuan ini, lanjutnya, dalam 3 hingga 5 hari mendatang, keluhan madrasah dapat terjawab segera. Ia berharap bahwa terjalin suatu komunikasi dan diskusi, persamaan persepsi dan pemahaman mendalam oleh unsur-unsur terkait pencairan BOS sehingga proses ini dapat berjalan sesuai dengan prosedur yang ada. Menurut Kakanwil, kerjasama setiap unsur termasuk pihak ketiga sangat membantu proses ini sehingga dapat terealisasi dalam waktu yang tidak begitu lama.

Hal ini senada dengan paparan Kabid Pendidikan Madrasah, H. Jalalussayuthy, SS, M.Pd menjelaskan terkait lambannya pencairan BOS dikarenakan adanya perubahan akun kegiatan BOS itu sendiri. Berdasarkan ketentuan terbaru mengenai dana BOS, kini pencairannya berorientasi kepada tuntasnya laporan madrasah pada pencairan sebelumnya. Mekanisme juga serta merta berubah, “saat ini disiapkan bendahara pembantu pada masing-masing Kab/Kota”, tandasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan teknis mekanisme BOS Tahun 2015 dirangkaikan dengan penjelasan administrasi pencairan oleh pihak ketiga/Bank. amr

32
Share :

INFORMASI LAINNYA

Lomba Mading Dalam Rangka Hari Pahlawan
Kamis, 10 November 2016 10:11
Aplikasi Haji Pintar (versi android)
Selasa, 04 Agustus 2015 08:17