Pembinaan Hisab Rukyat Di Kementerian Agama Kab. Dompu

Jumat, 26 Juni 2015 07:00

Pembinaan Hisab Rukyat Di Kementerian Agama Kab. Dompu

Dompu_Inmas,Dalam perjalanan waktu Kementerian Agama Kab. Dompu sebagai pelaksana tugas dari sebagian tugas pemerintah memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pembinaan ummat Islam khususnya sebagai penduduk yang mayoritas termasuk masjid dan musholla sebagai tempat ibadah.

Terkait dengan Tugas Pokok dan Fungsi Kementerian Agama Kab. Dompu dengan melihat dan mengevaluasi kondisi Masjid dan Musholla yang arah kiblatnya masih banyak yang perlu di luruskan disamping telah melakukan visitasi dan kalibrasi arah kiblat masjid dan musholla, Kementerian Agama Kab. Dompu memandang perlu adanya dukungan kegiatan lain dalam menyampaikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait Hisab Rukyat.

Kementerian Agama yang merupakan pelaksana sebagian tugas pemerintah dibidang keagamaan melalui Penyelenggara Syariah yang memiliki bidang Hisab Rukyat, akan mencapai hasil yang optimal  apabila didukung dengan Pembinaan dan Sosialisasi kepada masyarakat. Oleh karena itu Penyelenggara Syari’ah Kantor Kementerian Agama Kab. Dompu memandang perlua adanya kegiatan Pembinaan Hisab Rukyat bagi Tokoh Agama, tokoh masyarakat serta pejabat tehnis lainnya.

Kegiatan dilaksanakan sehari pada hari Sabtu, tanggal 13 Juni 2015 bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Dompu. Dan diikuti sebanyak 56 orang peserta yangmerupakan utusan dari masing-masing kecamatan. Antusiasme peserta dalam mengikuti acara ini terlihat karena acara seperti sangat jarang dilaksanakan apalagi di tunjang dengan narasumber yang terdiri dari Ida Suryati, M.Ag (Tenaga Ahli Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Prov. NTB) , Syaiful Haq Al-Muhtadi, M. Si ( Dosen IAIN Mataram ),Erlina Panca H. MP (PMG. Ahli Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bima).

Kepala Kantor Kementerian Agama kab. Dompu Drs. H. Syamsul H. Ilyas dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tertinggi atas terlaksananya kegiatan ini dan sangat berharap agar seluruh peserta benar-benar memanfaatkan moment ini sebagai bahan dalam syiar agama terutama dalam hisab Rukyat yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari bagi umat Islam . (Ins cancer)

27
Share :

INFORMASI LAINNYA