Pemberdayaan Wakaf Produktif

Rabu, 09 September 2015 07:23

Pemberdayaan Wakaf Produktif

Mataram, Inmas – 35 0rang Pengelola Tanah Wakaf se Kota Mataram berkumpul bertempat di Aula Kantor kementerian Agama Kota Mataram dalam rangka kegiatan ini menertibkan Tanah Wakaf yang ada di kota Mataram acara yang dilaksanakan Pada Hari Jum’at tanggala 4 Sepetember 2015.

Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Wilayah Kementeriana Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs.H.Muhammad Amin, M.Pd dalam Paparannya terkait dengan pemberdayaan Tanah Wakaf Paparan awalnya pengertian dan Landasan Hukum Wakaf secara bahasa menyerahkan Tanah Wakaf tujuan untuk Kebajikan dengan menahan harta yang bisa memberi mamfaat serta kekal bendanya untuk diserahkan kepada nazir.

H. Muhammmad Amin paparkan tentang pengertian Wakaf dalam Undang undang Nomor 41 Tahun 2004 diartikan perbuatan hukum menyerahkan sebagian harta benda miliknya guna keperluan ibadah dari beberapa difinisi wakaf untuk memberi mamfaat ekonomis untuk kepentingan ibadah untuk menuju kesejahteraan umat. Menurut Al-Qur’an dan hadist hukum positif sebatang benih yang menumbuhkan tujuh butir Allah melipat gandakan bagi siapa yang dikehendaki orang yang menafkahkan harta di jalan Allah memperoleh pahala disisi tuhan (Q.S Al-Baqarah 261-262).

Selanjutnya Q.S Al-Baqarah 267 hai orang orangyang beriman nafkahkan di jalan allah sebagian hasil usahamu yang baik-baik dan jangan memeilih yang buruk buruk. Q.S. Al-Imran 93 kamu sekali kali tidak sampai kebajikan yang sepurna sebelum kamu nafkahkan sebagian dari apa yang kamu cintai. Sesuai dengan ayat di atas menjelaskan anjuran untuk menginfakkan harta yang di peroleh untuk mendapatkan pahala Hadist yang menceritakan apabila seorang meninggal dunia putuslah amal perbuatannya kecuali 3 sumber yaitu sedekah jariah, anak yang mendoakannya, ilmu yang bermamfaat. Muhamad

50
Share :

INFORMASI LAINNYA