Guru profesional menumbuhkan anak didik profesional

Selasa, 12 April 2016 13:15

Guru profesional menumbuhkan anak didik profesional

mataram, inmas 11/4/16. Dalam era globalisasi mengacu pada keseberagaman hubungan dan saling keterkaitan antara negara dan masyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa kosekuensi penting, adapun pendapat lain menyatakan bahwa Globalisasi adalah sebuah istilah yg digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat (changes) dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Menurut Menurut A.G.McGrew (1992) yang di paparkan oleh Sirojuddin MM.

Dalam penyampaiannya di workshop pengembangan pembelajaran dan penilaian kurikulum PAI ungkap Sirojuddin, cara menyikapi globalisasi dengan meningkatkan kualitas sdm dalam membangun karakter bangsa untuk menghadapi tantangan globalisasi demi kemajuan dunia dengan mendorong sektor ekonomi dan sosial budaya untuk peningkatan daya saing dengan melakukan strategi Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi dampak Globalisasi dengan Melakukan telaah kritis dan pendalaman pemahaman secara menyeluruh tentang agama baik secara normatif maupun historis dan melakukan pengintegrasian pendidikan agama dengan ilmu-ilmu pembelajaran pendidikan agama dengan cara mempraktikkan nilai-nilai luhur agama tersebut ke dalam kehidupan nyata yang ditopang oleh prinsip-prinsip keadilan atau kerukunan antar umat beragama.

Ciri Guru yang berkopetensi adalah mempunyai komitmen dan tanggung jawab kepada siswa dalam proses pembelajarannya dan memiliki komitmen tertinggi untuk menjadikan anak didiknya / siswanya untuk menguasai secara mendalam bahan/materi yang diajarkan serta memantau hasil belajar siswa via berbagai teknik evaluasi sehingga mampu berfikir sistimatis tentang apa yang dilakukannya dan belajar dari pengalamannya (baik-buruk atau salah-benar dampak pada proses belajar siswa) guru merupakan bagian dari masyarakat belajar dalam lingkungan profesinya.

Tantangan Guru PAI ke depan adalah dengan melengkapi diri dengan kompetensi dan kemampuan tambahan selain kompetensi inti yang wajib dimiliki guru itu sendiri. Beberapa kemampuan tersebut antara lain: Kemampuan untuk mengadopsi dampak positif, Kemampuan untuk menolak dampak negatif dan Kemampuan untuk menjadi contoh dan teladan, sebagai panutan peserta didik, ungkap Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi NTB ( H. Sirojuddin, MM). Krm.

79
Share :

INFORMASI LAINNYA