KAKANMENAG KOTA MATARAM MEMIMPIN PEMBINAAN KEPALA KANTOR URUSAN AGAMA DAN PENGHULU KECAMATAN

Kamis, 14 April 2016 08:24

KAKANMENAG KOTA MATARAM MEMIMPIN PEMBINAAN KEPALA KANTOR URUSAN AGAMA DAN PENGHULU KECAMATAN

Mataram _ Humas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram menggelar pembinaan Kepala Kantor Urusan Agama dan Penghulu Kecamatan se Kota Mataram yang dilaksanakan dikediaman Bapak Rifa’I tanggal 12 April 2016 dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan dan Penghulu se Kota Mataram.

Sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram Drs. H. Burhanul Islam mengatakan terkait dengan adanya kasus-kasus yang terjadi didaerah lain itu sebagai bahan evaluasi dan instropeksi diri serta menjadi bahan acuan didalam pelaksanakan tugas-tugas dan fungsi. Lebih lanjut H. Bur menekankan  berkaitan dengan administrasi penekanan ini ada kejadian ditempat lain H. Bur mohon untuk dikota Mataram  jangan sampai terjadi. Saat ini sudah mempergunakan Simkah Administrasi jadi data - data harus terpenuhi dan bisa dipertanggung jawabkan keotentikannya, dan apabila data pernikahan tidak bisa selesai atau tidak tuntas maka akan menjadi permasalahan.

Berkaitan hal tersebut data pernikahan ini ada rangkaiannya dan ada turunannya sampai dengan masa yang datang. Data pernikahan diupayakan untuk bisa semaksimal mungkin sesuai dengan undang-undang yang berlaku, pelaksanaan tugas dan fungsi menjadi bahan instropeksi diri. Kejadian ditempat lain masih bisa ditolerir tapi di Kemenag Kota Mataram sebagai barometer bagi Provinsi Nusa Tenggara Barat yang paling dekat dengan Kanwil setiap saat bisa dikonfrontir dan diminta pertanggung jawabannya apabila  sampai terjadi di Kota Mataram tegas Kepala KanKemenag Kota Mataram.

Terkait dengan tugas dan fungsi di masing-masing KUA berkaitan analisis jabatan, urian tugas, SOP, maka dalam administrasi Simkah ini untuk pencatatan pernikahan penting diketahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk pencatatan pernikahan dan harus tercermin dalam pengisian SOP masing-masing karena hal ini  bisa menjadi dokumen penting yang bisa dipertanggung jawabkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Dikantor Kemenag Kota Mataram sampai saat ini belum dicairkan tukin 60 % karena belum membuat dokumen pelaksanaan tugas-tugas yang berkaitan dengan kinerja .

H. Bur yang dalam hal ini selaku Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram  menghimbau kepada semua KUA dan penyuluh agar dalam melaksanakan tugas di tempat masing-masing selalu berpedoman pada ketentuan dan peraturan yang berlaku kaitan dengan pelaksanaan tugas. Bilamana telah berpedoman dengan aturan-aturan maka dimanapun berada hal tersebut bisa dipertanggung jawabkan tegasnya beliau. Muhamad. …….

 

 

 

 

 

 

59
Share :

INFORMASI LAINNYA