Bangkitkan Kharisma Ulama Melalui Lomba Dai-daiyah Muda

Senin, 20 Juni 2016 07:49

Bangkitkan Kharisma Ulama Melalui Lomba Dai-daiyah Muda

Dompu, Inmas_ Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Sabtu (18/6) kemarin menggelar acara Pemilihan Calon Da’i – Da’iyah muda. Sebanyak 26 siswa dan siswi Madrasah Aliyah (MA) maupun SMA dan SMK menjadi peserta lomba. Sedangkan bertindak sebagai tim penilai antara lain Drs. H. Hasaruddin, M. Pd, Muhammad Alimuddin, S. Ag, Dzikrul Muttaqin, S. Ag, Burhanuddin, S. Ag dan Abdurrahman, S. Ag.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M. Si dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menjelaskan Kabupaten Dompu banyak memiliki ulama-ulama kharismatik pada masa lalu seperti Syekh Abdul Gani, Syekh Al-Mansyuri, Syekh Mahdali dan sederetan nama lainnya. Beliau-beliau pada zamannya masing-masing menjadi tokoh panutan bagi masyarakat Dompu. Ulama memiliki peran besar dalam pembangunan bangsa, nasehat-nasehat ulama menumbuhsuburkan nilai ketaqwaan kaum muslimin laksana tanaman yang diberi pupuk oleh petani. “Kita ingin membangkitkan kembali kharisma para ulama-ulama tersebut,” ujar H. Syamsul. Disebutnya Pemilihan Calon Da’i muda merupakan salah satu upaya untuk mencetak generasi muda yang diharapkan dapat memberikan pesan-pesan moral bagi teman-teman sebayanya maupun untuk masa-masa mendatang.

Tantangan generasi muda saat ini banyak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba sampai pada kondisi yang sangat mengkhawatirkan yaitu darurat narkoba serta kecenderungan anak-anak remaja melakukan perbuatan yang maksiat. “Para da’i muda ini dapat memberikan nasehat-nasehat yang menyejukkan bagi teman-temannya sehingga terjadi perubahan perilaku. Ini yang kita butuhkan saat ini. Semakin banyak ulama, akan banyak yang mengingatkan pada kebaikan dan mengajak manusia taat kepada Allah,” lanjutnya. Kepada para peserta yang berasal dari SMA dan SMK, Kakan Kemenag memberikan pesan khusus agar memiliki hati santri. “Walaupun menempuh pendidikan di sekolah umum tetapi harus memiliki hati santri punya tata krama, beretika dan sopan santun. Kegiatan pemilihan Calon Da’i Muda tersebut bertema Generasi yang Berakhlaq Mulia adalah Generasi Masa Depan.(Amin/Ompu Lembo).

60
Share :

INFORMASI LAINNYA