MGMP dan Persiapan Akreditasi Madrasah

Senin, 25 Juli 2016 12:13

MGMP dan  Persiapan Akreditasi Madrasah

Sumbawa Besar_inmas, Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa melaksanakan MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran ) dalam rangkap persiapan Akreditasi Sekolah,dan  akan berlangsung dari tanggal 22 sampai dengan 24 Juli 2016 .

 

Dalam acara pembukaan yang didampingi oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Narasumber Muhibbi,M.Pd Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa Drs.Fathurrahman ,menyampaikan terima kasih kepada para peserta Dewan Guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa mengingat pentingnya agar dapat mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir , untuk mendapatkan materi materi actual yang akan disampaikan oleh Narasumber.

 

Pemaparan yang disampaikan Narasumber Muhibbi,M.Pd membahas masalah KKM (Kriteria ketuntasan minimal),KKM pada akhir jenjang satuan pendidikan untuk kelompok mata pelajaran selain ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan nilai batas ambang kompetensi .KKM pada akhir jenjang satuan pendidikan untuk kelompok mata pelajaran selain ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan nilai batas ambang kompetensi ,

 

KKM ditetapkan oleh sekolah pada awal tahun pelajaran dengan memperhatikan :

1.Intake (kemampuan rata-rata peserta didik) 2.Kompleksitas (mengidentifikasi indikator sebagai penanda tercapainya kompetensi dasar) 3.Kemampuan daya pendukung (berorientasi pada sumber belajar)

KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mapel di satuan pendidikan,Ketuntasan Belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 –100%.,?Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk ,bilangan bulat dengan rentang 0 –100,

Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah nilai ketuntasan belajar maksimal, dan berupaya secara bertahap meningkatkan untuk mencapai ketuntasan maksimal,Nilai KKM harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Peserta didik,Sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai ,kompetensi peserta didik sesuai KD mata pelajaran yang diikuti.

Sebagai acuan bagi peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran.

fungsi

?Dapat digunakan sebagai bagian komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

?Merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan satuan pendidikan dengan masyarakat.

?Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.

prinsip

Dilakukan melaluianalisis ketuntasan belajar minimal pada setiap indikator dengan memperhatikan kompleksitas, daya dukung, dan intakepeserta didikKKMKompetensi Dasar (KD) merupakan rata-rata dari KKM indikator yang terdapat dalam Kompetensi DasartersebutKriteria ketuntasan minimal setiap Standar Kompetensi (SK) merupakan rata-rata KKM Kompetensi Dasar (KD) yang terdapat dalam SK

Kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran merupakan rata-rata dari semua KKM-SK yang terdapat dalam satu semester atau satu tahun pembelajaran, dan dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar (LHB/Rapor) peserta didikPada setiap indikator atau kompetensi dasar dimungkinkan adanya perbedaan nilai ketuntasan minimal

Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melakukan penilaian

 

Dalam pemaparan persiapan Akreditas Madrasah tahun 2016 ini Nara sumber juga menyampaikan hal hal berkaitan dengan persiapan gpelaksanaan akreditasi madrasah antara lain pembahasan 8 standar perangkat akreditasi dan instrument intrumen akreditasi dari Badan Areditasi Nasional Sekolah/Madrasah 2014.

Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa telah mengantongi Akreditasi nilai ,dan untuk tahun ini MAN 1 Sumbawa akan mempertahankan nilai A (sangat Baik) dan ditingkatkan A Plus(+)

 

Sebagai gambaran penilaian Akreditasi Madrasah , disamping Kreteria  yang harus dipenuhi dalam penialain juga dapat menunjukkan bukti fisik dalam kegiatan ini antara lain, Standar Isi,Standar proses,Standar kompetensi lulusan,standar pendidik dan tenaga kependidikan,standar sarana prasarana,standar pengelolaan,standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan...joko........

226
Share :

INFORMASI LAINNYA