Kegiatan Pemantapan Karu Dan Karom Di Kementerian Agama Kab. Lombok Tengah

Jumat, 29 Juli 2016 09:46

Kegiatan Pemantapan Karu Dan Karom Di Kementerian Agama Kab. Lombok Tengah

Praya_Inmas, Kamis, 28 Juli 2016 sebanyak kurang lebih 60 orang Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan mengikuti kegiatan pemnatapan Karu dan Karom dalam rangka pemberangkatan Jamaah Haji Kab. Lombok Tengah untuk musim haji 1437 H/ 2016 M. Untuk Musim Haji Tahun ini, Jamaah Haji Kabupaten Lombok Tengah berjumlah 729 orang ditambah dengan 13 petugas. Hadir dalam acara tersebut kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lombok Tengah Drs. M. Nasri Anggara, Penyelenggara Haji dan Umroh H. Ikhsan Fakhroni, S.Pd, Penyelenggara Syariah H. Hasanuddin yang juga sekalugus jadi narasumber dalam kesempatan tersebut.

Drs. H.Nasri Anggara dalam paparannya menjelaskan bahwa Ketika orang sedang beribadah jumlahnya ribuan, maka tuntutan untuk dikelola dengan organisasi yang bagus mutlak dipenuhi. Seperti ketika berlangsung musim haji, Indonesia termasuk kategori pengirim jamaah yang lumayan banyaknya. Setiap musim haji berkisar 225 ribu yang berasal dari daerah yang berjauhan disamping juga budaya dan sikapnya yang penuh varian. Rupanya realita ini tidak cukup diwacanakan apalagi diratapi, namun perlu digali beraneka solusi. Kementerian Agama memahami, solusi dicari. Kata akhir adalah pentingnya pengorganisasian, para jamaah dikelompokkan menjadi kecil. Dibangun mekanismenya dengan menunjuk Karu-Ketua Regu dan Karom- Ketua Rombongan.

Nasri juga menambahkan bahwa Ketua Regu adalah jamaah yang dipercaya dalam kelompok regu untuk memimpin regunya. Tugas ketua regu adalah mengkoordinir jamaah yang terdapat kelompok regunya. Juga membantu pelaksanaan tugas ketua romobngan sebagai pembantu petugas yang menyertai jamaah (petugas kloter) di bidang pelayanan umum, ibadah dan kesehatan. Regu adalah kelompok kecil yang dibentuk dibawah rombongan, jika rombongan terdiri dari 45 orang, maka regu ini merupakan kelompok terkecil jamaah haji yang terdiri dari 11 orang termasuk dengan ketua regu. Adapun tugas ketua rombongan adalah membantu pelaksanaan tugas ketua kloter/TPHI yang menyertai jamaah haji di bidang pelayanan umum dan ibadah serta kesehatan.(Ins cancer)

88
Share :

INFORMASI LAINNYA