OUTBOND PERDANA DIMULAI OLEH PROGRAM KEAGAMAAN

Rabu, 10 Agustus 2016 11:07

OUTBOND PERDANA  DIMULAI OLEH PROGRAM KEAGAMAAN

Inmas, M2M:Alhamdulillah.. tidak disangka  sudah berjalan 10 tahun Pogram Outbond yang telah dijadikan sebagai program unggulan MAN 2 Mataram sudah berjalan dengan baik. Di awal tahun pelajaran 2016-2017 ini Kelas XII Program Keagamaan memulai sebagai rombongan pelaksanaan Outbond Perdana dari beberapa rombongan berikutnya yang akan berlangsung pada hari-hari berikutnya. Bebertapa rombongan yang akan mengikuti program Outbond, selain dari Program Keagamaan, adalah rombongan Kelas Program XII IPA pada hari Kamis,11/08/2016  rombongan Kelas Program XII IPS akan melakukan kegitan pada hari Sabtu,13/08/2016, dan rombongan Kelas Program  Bahasa akan dilaksanakan pada hari Senin, 15/08/2016.

Tepat pukul 08.00 Wita, 10/08/2016  di Lobi Madrasah,  Kepala Madrasah Drs. L. Syauki MS, M.Pd. melepas secara resmi Kelas XII Program Keagamaan untuk memulai Outbont Mata Pelajaran dengan tujuan Museum Nusa Tenggara Barat, Pondok Pesantren Nurul Bayan di Bayan , dan terakhir ke Pantai Pandanan Kabupaten Lombok Utara. Dalam kata-kata pelepasan Kepala Madrasah menyampaikan agar siswa-siswi sebagai peserta Outbond mengikuti berbagai bentuk rangkaian kegiatan yang telah direncanakan bersama guru pendamping serta berpesan juga agar guru mata pelajaran dan Wali Kelas  dapat mendampingi anak  dengan baik sehingga kegiatan dapat berjalan dan selamat pulang ke madrasah.

Sementara Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kurikulum yang sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Outbond Mata Pelajaran menyampaikan kepada para siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan dengan baik, waspada dalam perjalanan, dan jaga kesehatan. Beberapa orang yang hadir dalam acara pelepasan tersebut, yaitu Wakamad  Bidang Sarana, Wakamad Bidang Humas, Tim Pengembang Mutu Madrasah Dr. Siti Rahmi, aserta beberapa orang guru yang lain. Beberapa orang guru sebagai pendamping kegiatan Outbon Mata Pelajaran Kelas XII Program Keagamaan ini adalah Drs. H. M Asil, M.Pd.I., Abd. Gani, S.Ag., M.Pd. I., Zainul Lutfi, SA.g., M.Pd.I. dan H. Lalu Purnamawirawan, S.Pd.  

Orientasi dari program ini adalah bagaimana agar peserta didik memiliki wawasan empirik dan memperoleh pelajaran dari alam semesta, pelajaran pendidikan di lembaga, baik pemerintah maupun swasta, di kelompok sosial, kelompok industri seni kerajinan, obyek wisata alam, budaya, dan lain-lain  yang menjadi obyek kunjungan. Peserta didik memiliki wawasan empirik tentang  terapan ilmu yang ada dalam realitas masyarakat yang berkaitan dengan apa yang diperoleh dari kerangka teoretis di kelas. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah beragam aktivitas, seperti observasi, dialog, interview, praktekm, seperti berbahasa Arab, Inggris, praktek seni melukis di obyek wisata, rekreasi di obyek wisata, akhirnya membuat laporan,  dan lain-lain. Setiap kegiatan dan dari masing mata pelajaran yang terlibat dalam kegiatan Outbond akan melakukan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran di dalam kelas pada pertemuan berikut.

Mataram, 10 Agustu 2016

 

 

232
Share :

INFORMASI LAINNYA

Penjualan Sampah Untuk Pengajian
Selasa, 06 November 2018 11:06