MEMBANGUN USAHA BERBASIS HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Selasa, 23 Agustus 2016 09:27

MEMBANGUN USAHA BERBASIS HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Mataram,Inmas _  Kehadiran Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat di wakili oleh Subag Humas atas undangan Sekretaris Daerah Pemprov Nusa Tenggara Barat tanggal 22/08/2016 yang dilaksanakan di Ruangan Aula Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat dihadiri oleh seluruh SKPD Pemprov NTB dalam amanat dan penyebaran informasi terkait Hak Kekayaan Intelektual. Penyebaran informasi terkait dengan Hak Kekayaan Intelektual difasilitasi oleh Kepala Kemenkum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Barat Ricki Aditiya yang menyampaikan Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual

Dalam penyampaiannya dikatakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Nusa Tenggara Barat Ricki Aditiya bahwa  Hak Kekayaan Intelektual merupakan hak pola pikir manusia yang menghasilkan suatu produk yang berguna untuk manusia. Ciri-cirinya Hak Kekayaan Intelektual gunanya diumumkan oleh negara dan dinamakan hak pribadi karena tidak bisa diganggu gugat dan ditujukan untuk kemaslahatan ekonomi. Selain itu Ricki Aditiya juga mengatakan bahwa manfaatnya adalah kekayaan Intelektual Hak Cipta, dan Hak Paten. Adapun  hak paten dengan hak cipta perbedaannya adalah  hak cipta diwujudkan dalam bentuk nyata, seperti buku termasuk musik, senirupa seperti  patung, kerajinan, kaligrafi dll sedangkan hak paten adalah  upacara adat yang dipegang oleh suatu negara.

Lebih lanjut disampaikan  tentang indikasi Geografis suatu daerah, contohnya Sumbawa dimana ada memiliki Madu Sumbawa, Di Lombok terkenal dengan Kangkung Lomboknya  berbeda pula dengan daerah lainnya seperti contohnya  dengan Madu Sumbawa maka akan berbeda rasanya dengan madu dari daerah yang lainnya. Kemudian Hak Cipta yaitubentuk hak Eksekutif  bagi pelaku untuk memperbanyak atau menyiarkan pertunjukannya.  Hak pencipta berlaku untuk  jangka waktu perlindungan 70 tahun setelah meninggal. Sedangkan  hak penciptaan perlindungannya selama 50 tahun dan  sejak pertama pengumuman dipegang oleh negara tanpa batas waktu. Sementara itu untuk  karya seni terapan jangka waktu perlindungannya selama 25 tahun.

Adapun  untuk Hak paten seperti  ada penemuan baru dalam membuat tempe dimana tempe yang dibuat rasa dan warnanya  lain dari yang lain tetapi sama-sama merupakan tempe maka  kalau dijadikan hak paten bisa mencapai jangka waktunya 20 tahun sejak diumumkan hak patennya , dan  hak paten tidak boleh diperpanjang sedangkan kalau merek boleh / bisa  diperpanjang.

Lebih lanjut disampaikan mengenai Desain Industri suatu kreasi tentang konfigurasi atau gabungan dapat diwujudkan dalam3 dimensi atau 2 dimensi guna menghasilkan suatu produk komoditas industri kerjinan tangan jangka waktu perlindungan 10 tahun sejak pendaftaran, contoh produk desain indistri merek baju, sukses  desain industri  Toyota Kijang tahun 70 an kijang Kotak s/d Kijang Inova tahun 2000 an, Desain Tata Letak Sirkuit terpadu(DTLST) jangka waktu perlindungan 10 tahun sejak pertama kali dieksploitasi secara komersial sejak tanggal penerima permohonan pendaftaran.

Sebelumnya kata pengantar disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTB Hj. Budi Septiani yang mengatakan bahwa  ada 3 item desain Industri pada kondisi  diawal tahun 2013 dan selanjutnya ada penambahan sehingga capaian tahun 2016 sejumlah 6,6 % . Ada keinginan untuk merubah target dan duduk bersama dengan Kabid juga Sekretaris karena  sesuai dengan ketentuan dari Kemenkum Ham terkait dengan 12 item tersebut  ada keterkaitan dari seluruh stageholder sehingga 12 hal tersebut semoga bisa terlaksana ucapnya.Muhamad.........

 

99
Share :

INFORMASI LAINNYA