PENTAS TEATRIKAL SUGUHAN TEATER MATA PADA JAMBORE PELAJAR

Rabu, 24 Agustus 2016 22:05

PENTAS TEATRIKAL  SUGUHAN TEATER MATA PADA JAMBORE PELAJAR

Inmas, M2M: _ Teater Mata Sanggar Al-Kautsar MAN 2 Mataram menyuguhkan  Pentas teatrikal  bertema kritik sosial saat mengikuti Jambore Pelajar Nusa Tenggara Barat, tanggal 23/08/2016  di Museum dalam rangkaian Bulan Budaya Lombok Sumbawa . Kegiatan Jambore Palajar Se Nusa Tebgggara Barat di Museum berlangsung selama 3 hari, yaitu  tanggal  22-24 Agustus 2016. Disamping menampilkan bentuk pemetasan Teatrikal, Teater Mata MAN 2 Mataram juga menampilkan pembacaan puisi karya WS. Rendra dari salah seorang  peserta jambore utusan MAN 2 Mataram. Bentuk pementasan Teatrikal merupakan genre pertunjukan yang lebih mengutamakan gerak-gerak dramatis  selama pertunjukan dengan berangkat dari sebuah tema tertentu. Pada kegiatan tersebut, tim dari MAN 2 Mataram diwakili oleh 9 orang siswa-siswi, yaitu Mahsus, Aini, Alang, Nirwan, Febri,  Saufi, Karina, Rezi, dan Tesa.

Kegiatan Jambore Budaya yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Seni Nusantara Nusa Tenggara Barat (NTB)  bekerja sama dengan panitia Bulan Budaya Lombok Sumbawa NTB tahun 2016 ini menyelenggarakan beberapa bentuk materi kegiatan, yaitu Kemah Budaya, Kegiatan Diskusi  tentang seni budaya, melakukan Kegiatan Workshop, serta Pergelaran Seni Budaya  yang  semua   rangkaian materi kegiatan tersebut berlangsung di Museum NTB. Pergelaran Seni Budaya tersebut  dibawakan oleh tim  masing-masing Sekolah dan Madrasah yang diundang mengikuti Jambore Budaya Pelajar.   Untuk materi Workshop, peserta Jambore Budaya menerima materi praktek  tentang pertunjukan teater dan materi Seni Fotografi dari narasumber pelaku praktisi. Sementara kegiatan diskusi seni budaya materi dibawakan oleh para tenaga teknis kebudayaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam kegiatan pergelaran, penonton  tidak saja dihadiri oleh peserta Jambore Budaya, namun hadir juga para Seniman, Budayawan, serta para birokrat di bidang kebudayaan.  

Kegiatan semacam ini telah berlangsung sejak  empat tahun  yang lalu dan Tim dari MAN 2 Mataram selalu tutur berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan Jambore Budaya tersebut, ungkap Haris Hermana, S.Pd., M.Sn. selaku pendamping tim dari MAN 2 Mataram.  Semua peserta Jmbore Budaya merasa senang karena dalam 2 hari penuh peserta kegiatan dapat menerima wawasan, pengalaman, dan keterampilan praktis dari para narasumber dari seluruh rangkaian materi kegiatan  Jambore Budaya tersebut.  

Mataram, 24 Agustus 2016

 

 

129
Share :

INFORMASI LAINNYA