MAN 2 KOTA BIMA SATU-SATUNYA YANG LOLOS NATIONAL MATH AND ENGLISH OLYMPIAD V DARI KOTA BIMA

Sabtu, 01 Oktober 2016 11:37

MAN 2 KOTA BIMA SATU-SATUNYA YANG LOLOS NATIONAL MATH AND  ENGLISH OLYMPIAD V DARI KOTA BIMA

MAN 2 Kota Bima, Inmas _ Santri, siswi kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima berhasil lolos sebagai salah satu finalis dari 125 finalis dari seluruh Indonesia pada seleksi National Math and English Olympiad V Tingkat SMA/SMK/MA Tahun 2016. Event Nasional ini diadakan oleh PDIM Universitas Brawijaya Malang.

Untuk seleksi tahap pertama, panitia mengirimkan 2 bundel soal Matematika dan Bahasa Inggris. Untuk Matematika terdiri dari 50 nomor bentuk soal pilihan  ganda dan 5 nomor bentuk soal essay. Sedangkan untuk Bahasa Inggris terdiri dari 48 nomor bentuk soal pilihan ganda dan 3 nomor bentuk soal essay. Berkas tes tahap pertama yang dilakukan di sekolah masing-masing menetapkan 125 finalis Olimpiade Matematika dan 135 finalis Olimpiade Bahasa Inggris.

Final Olimpiade Matematika dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 01/10/2016 dan Final Olimpiade Bahasa Inggris dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 02/10/2016, bertempat di Aula Lantai 3 Hotel UB Komplek Kampus Universitas Brawijaya Malang.

Tim MAN 2 Kota Bima mengirim 25 orang siswa untuk Matematika dan 21 orang siswa untuk Bahasa Inggris. Soal-soal yang telah dikerjakan dikirimkan kembali ke panitia. Setelah dilakukan penilaian, satu orang siswa dari Tim Matematika atas nama Santri berhasil menjadi salah satu finalis dan berhak mengikuti babak selanjutnya di Kampus Universitas Brawijaya Malang. Sedangkan untuk Tim Bahasa Inggris tak ada satu pun yang lolos. Begitu keterangan dari Pembina Tim Bahasa Inggris MAN 2 Kota Bima, Riana Herlina, S.Pd.

Berdasarkan keterangan pembina OSN/KSM Matematika, Jumrah. S.Pd menjelaskan, tahun ini  ada 25 orang siswa yang ikut seleksi tahap pertama. Mekanismenya adalah kami mengirim surat usulan untuk ikut berpartisipasi. Selanjutnya panitia akan mengirim surat untuk keikutsertaan. Tes tahap pertama dilakukan di sekolah masing-masing. Panitia akan mengirim soal Matematika satu bundel.

Lebih lanjut Jumrah menjelaskan, MAN 2 Kota Bima sudah 2 tahun ikut seleksi, tahun lalu siswi MAN 2 Kota Bima berada di urutan ke-30. Alhamdulillah di tahun 2016 ini siswi MAN 2 Kota Bima lolos meski berada di posisi 105 dari 117 peserta di seluruh Indonesia. Untuk Provinsi NTB, sekolah yang berhasil lolos sebagai finalis ada 3 sekolah, yakni MAN 2 Kota Bima, MAN 1 Mataram, dan SMAN 5 Mataram. Dan untuk Kota Bima, hanya MAN 2 Kota Bima satu-satunya yang berhasil masuk ke babak final seleksi National Math and English Olympiad V Tingkat SMA/SMK/MA Tahun 2016. (Nurrosyidah Yusuf)  

40
Share :

INFORMASI LAINNYA