HIKMAH BERIMAN KEPADA HARI AKHIR

Kamis, 03 November 2016 17:18

HIKMAH BERIMAN KEPADA HARI AKHIR

Oleh : Miq Olah

JFU Pengumpul Bahan Berita dan Siaran

Pada Sub Bagian Informasi dan Hubungan Masyarakat

Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB

 

 

Iman kepada hari akhir berarti kita mempercayai bahwa kehidupan di dunia akan berakhir, yang kemudian dilanjutkan dengan kehidupan di akhirat. Hari akhir ditandai dengan ditiupnya sangkakala oleh malaikat Israfil. Untuk beriman kepada hari akhir caranya adalah meyakini dengan sepenuh hati, bahwa kiamat itu akan benar-benar terjadi sebagai hari pembalasan bagi amal perbuatan manusia. Pada hari itu , Allah Swt. Akan menghisab (menghitung), memberi keputusan, dan menetapkan hukum terhadap segala amalan manusia.

Sebagai orang muslim kita wajib percaya akan terjadinya hari akhir, mekipun tidak mengetahui kapan terjadinya. Ini merupakan suatu bukti keadilan dari Allah Swt. Pada hari itu semua manusia dimintai pertanggungjawabannya.

Banyak hal yang dapat kita ambil dari sana, di antara hikmah dan fungsi hari akhir itu antara lain sebagai berikut.

 

  1. Dapat miningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang.

Kepercayaan seseorang terhadap hari akhir membuat hidup seseorang menjadi teratur, mereka akan berusaha selalu berperilaku baik dan menjauhi dosa. Mereka akan sadar dan yakin bahwa apapun yang di perbuat di dunia akan dipertanggungjawabkan dan mendapat balasan dari Allah Swt.

 

  1. Akan senantiasa berbuat baik dan menghindari perbuatan dosa yang sia-sia.

Sebagai buah dari keimanan dan ketakwaan itu, seseorang yang meyakini akan hari akhir akan berusaha menghindari perbuatan dosa dan selalu berbuat baik. Karena menyadari bahwa perbuatan dosa hanya akan menghantarkan pada kesengsaraan, sedangkan perbuatan baik akan menghantarkan menuju kebahagiaan

 

  1. Akan mendorong seseorang untuk bersemangat dalam berkarya.

Harus disadari untuk kehidupan akhirat seseorang harus membawa bekal yang cukup. Oleh karena itu, kepada kehidupan di akhirat akan mendorang kita untuk lebih bersemangat dalam berkarya sebagai bekal kehidupan di akhirat kelak.

 

  1. Mendidik manusia untuk belajar dan memprediksikan serta mempersiapkan masa depan.

Kehidupan adalah kehidupan masa depan yang harus dipersiapkan, dengan sebaik-baiknya. Jika tidak maka kehidupan di masa depan akan suram. Dengan kepercayaan kepada kehidupan akhirat akan mendidik manusia agar mempersiapkan yang terbaik bagi kehidupan masa depannya. Jika kehidupan masa depan di akhirat kita persiapkan dengan sebaik-baiknya maka secara otomatis kehidupan masa depan di dunia pun juga akan menjadi lebaih baik,

 

  1. Memperjelas tujuan hidup manusia di dunia.

Adanya kehidupan setelah mati membuat manusia mempunyai tujuan hidup yang jelas. Maksudnya, semua hal yang dilakukan ketika hidup di dunia akan di balas setelah meninggal. Balasan yang di berikan oleh Allah Swt. Setimpal dengan amal perbuatan dengan perbuatan yang pernah dilakukan dalam kehidupan di dunia lalu.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan untuk kalian semua, tapi sebenarnya masih banyak HIKMAH BERIMAN KEPADA HARI AKHIR.  Kalian dapat mengira-ngira sendiri apa saja hikmah yang dapat kalian ambil dari beriman kepada hari akhir. Semoga bermanfaat

3267
Share :

INFORMASI LAINNYA