EVALUASI PROGRAM PENDALAMAN UNTUK PENINGKATAN MUTU AKADEMIK

Sabtu, 05 November 2016 19:40

EVALUASI PROGRAM PENDALAMAN  UNTUK PENINGKATAN MUTU AKADEMIK

Inmas, M2M _  Kegiatan pendalaman materi kelas XII sebagai salah satu Program Peningkatan Mutu  Bidang Akademik di MAN 2 Mataram telah berjalan selama 1 bulan, yaitu pada bulan Oktober 2016.  Untuk memasuki bulan kedua  pelaksanaan kegiatan pendalaman,  pihak pimpinan Madrasah melakukan evaluasi  dalam rapat pertemuan bersama semua guru pemateri  pendalaman pada tanggal, 04/11/2016 di Lab. Biologi. Kegiatan  rapat  evaluasi tersebut dihadiri oleh semua guru yang memberikan materi pada semua  rumpun mata pelajaran, yaitu rumpun  MIA/IPA, yaitu Biologi, Fisika, Kimia. Rumpun IS/IPS dengan mata pelajaran Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Rumpun Ilmu Bahasa dan Budaya  dengan mata pelajaran Sastra, Antropologi, Bahasa Asing. Rumpun Agama dengan mata pelajaran Ilmu Tafsir, Ilmu Hadits dan Usul Fiq. Sementara untuk mata pelajaran    Bahasa Indonesia dan  Bahasa Inggris menjadi mata uji untuk  semua program studi.

Dalam evaluasi pendalaman pada pelaksanaan satu bulan pertama Oktober, Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki membacakan kehadiran guru-guru yang menangani mata pelajaran pendalaman. Semua guru diabsen  namanya  satu-persatu dengan menyebut  berapa kali hadir dan berapa kali absen. Diantara semua guru pendalaman, ada  beberapa orang  yang mencapai  100 % kehadiran, ada yang 99   % kahadiran, dan ada juga 25  % kehadiran. Berbagai faktor sebagai latar belakang beberapa orang guru absen yang tidak bisa mengisi materi,  antara lain adalah menghadiri beberapa kali ibu dan bapak guru yang mengikuti lomba Porseni dalam memeriahkan hari ulang tahun PGRI dan ada pula karena kurang sehat.  

Secara keseluruhan, Wakamad Kurikulum L. Ahmad Fahruddin, S.Ag. , M.Pd.   sebagai penanggung jawab peningkatan mutu bidang akademik, khusus pada bidang pendalaman mata pelajaran  ini memprosentasikan kehadiran guru dalam menyampaikan materi mencapai 85  % . Sebagai keputusan rapat, khususnya yang menyangkut kekurangan prosentase kahadiran beberapa orang guru dalam menyampaikan materi, Kepala Madrasah meminta  agar guru bersangkutan harus mencari waktu untuk memenuhi kekurang hadirannya.  

Beberapa saran dari peserta rapat evaluasi   yang sekaligus dijadikan sebagai keputusan rapat, antara lain, yaitu semua guru pendalaman mata pelajaran agar membuat tiga kategori tingkat daya serap peserta didik. Hal tersebut dimaksudkan sebagai pedoman untuk  dilakukan program  pembinaan khusus, baik kelompok peserta didik yang memiliki  daya serang tinggi, maupun yang memiliki daya serap terendah. Keputusan yang lain adalah menyiapkan rangkuman materi pendalaman dan bank soal pendalaman. Demikian juga, himbauan Kepala Madrasah, agar guru bersama peserta didik kelas XII membuat target dan komitmen,  bukan sekedar Sukses UN, namun Sukses Masuk di Perguruan Tinggi yang berkualitas.  Semua upaya yang dilakukan para guru dengan semua pemangku jabatan di MAN 2 Mataram, para karyawan,  beserta semua siswa-siswi, khususnya kelas XII dihajatkan agar target keberhasilan pembelajaran dan pendidikan yang diinginkan, baik oleh  lembaga Madrasah maupun oleh lembaga Kementerian Agama dapat dicapai.  

Mataram, 5 November 2016

 

 

89
Share :

INFORMASI LAINNYA

Indonesia Kiblat Peradaban Islam
Selasa, 10 Juli 2007 11:00
MAN 1 Sumbawa Tuan Rumah KSM 2016
Selasa, 12 Juli 2016 11:52