MAN 2 KOTA BIMA BORONG MEDALI PRESENTASI BAHASA ARAB HAB KEMENAG KE 71 TAHUN 2017 TINGKAT KOTA BIMA

Rabu, 23 November 2016 07:01

MAN 2 KOTA BIMA BORONG MEDALI PRESENTASI BAHASA ARAB HAB KEMENAG KE 71 TAHUN 2017 TINGKAT KOTA BIMA

Kota Bima – Lagi-lagi siswa MAN 2 Kota Bima berhasil memborong medali dalam ajang perlombaan Presentasi Bahasa Arab dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke 71 Tahun 2017 Tingkat Kota Bima. Kegiatan perlombaan Presentasi Bahasa Arab dilaksanakan pada hari Selasa 22/11/2016 mulai pukul 09.00 – selesai, bertempat di Aula MTsN 1 Kota Bima. Diikuti oleh seluruh sekolah/madrasah Tingkat MA (Madrasah Aliyah) lingkup Kementerian Agama Kota Bima.   

Siswa-siswi MAN 2 Kota Bima yang mengikuti lomba Presentasi Bahasa Arab terdiri dari 6 orang siswa. Untuk kategori putra yakni: M. Dzulkarnain, M. Nurul Jihad, M. Izzul Islam dan Imanul Haq. Sedangkan untuk kategori putri yakni: Desi Putri Ramadhan dan Nur Anggraini. Dari keenam siswa utusan MAN 2 Kota Bima, lima orang siswa berhasil mendominasi dan berhasil menjadi yang terbaik diantara puluhan peserta yang mengikuti lomba. Untuk kategori putra, juara terbaik 1 atas nama M. Dzulkarnain, juara terbaik 2 atas nama M. Nurul Jihad, dan juara terbaik 3 atas nama M. Izzul Islam. Sementara untuk kategori putri, juara terbaik 1 atas nama Desi Putri Ramadhan dan juara terbaik 2 atas nama Nur Anggraini.

Pembina Tim MAN 2 Kota Bima ada 2 orang yaitu Maresan, S.Pd dan Opick Setiawan. Keterangan dari Pembina Tim MAN 2 Kota Bima, semua peserta lomba presentasi maupun pidato bahasa Arab merupakan siswa binaan pada kegiatan ektrakurikuler Annadi Arabian Club MAN 2 Kota Bima.

Salah satu pembina Tim MAN 2 Kota Bima, Opick Setiawan yang merupakan alumni MAN 2 Kota Bima tahun 2015 ini dan pernah memperoleh medali emas untuk pidato bahasa Arab saat lomba HAB Kemenag ke 70 tahun 2015 Tingkat Kota Bima menyatakan bersyukur atas prestasi yang diraih. “ Alhamdulillah, semua atas izin dan ridho Allah SWT. Setelah kita melakukan ikhtiar yang cukup dengan melakukan pembinaan setiap harinya, hasilnya luar biasa. Setiap tahun saat HAB Kemenag Kota Bima, tim presentasi bahasa Arab MAN 2 Kota Bima selalu menjadi sang juara baik kategori putra maupun putri. Akan tetapi, tahun lalu presentasi bahasa Arab sempat ditiadakan dengan beberapa pertimbangan”, ujarnya.

Menurut Opick yang masih berstatus mahasiswa jurusan bahasa Arab ini menjelaskan bahwa dibandingkan pidato, presentasi lebih sulit karena selain harus menghafal teks juga dinilai kefasihan dalam bertutur. Penilaian tertinggi adalah menjawab soal dari juri berdasarkan isi presentasi. Hal terakhir ini yang tidak ada dalam lomba pidato. Makanya animo peserta lebih banyak ke lomba pidato dikarenakan tingkat kesulitan presentasi satu tingkat lebih sulit dibandingkan pidato yang dinilai dari aspek menghafal teks pidato dan ekspresi.

Juri presentasi bahasa Arab ada 3 orang yang merupakan dosen bahasa Arab di IAIM (Institut Agama Islam Muhammadiyah) Bima yakni Anwar Sadat, M.Pd, Ahmad Zahid, M.Hum, dan Sri Wahyuningsih, M.Pd. Keterangan dari pembina Tim MAN 2 Kota Bima, sistem penjurian sangat sportif karena tidak ada intervensi dari pihak manapun. Hal ini yang menyebabkan kenapa dipilih juri dari kampus, bukan dipilih dari madrasah. Dikarenakan ada kekhawatiran adanya kepentingan dari beberapa pihak.

“Mudah-mudahan kedepannya lebih baik lagi dari segala aspeknya. Semoga mendapatkan perhatian dari pihak madrasah”, harapnya.  (Nurrosyidah Yusuf)            

 

       

238
Share :

INFORMASI LAINNYA