PELATIHAN PENULISAN PENGISIAN SKP

Sabtu, 03 Desember 2016 19:57

PELATIHAN PENULISAN PENGISIAN SKP

Sumbawa Inmas - MAN 3 Sumbawa mengadakan Pelatihan Penulisan Pengisian SKP yang merupakan tindak lanjut  hasil sosialisasi Plt Kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten Sumbawa Drs. H. Syarifuddin, MM sebagai nara sumber acara pada hari Kamis,01 Desember 2016 di aula Kemenag. Kab. Sumbawa  dan regulasi yang menjadi dasar pengadaan kegiatan ini yaitu PP nomor 46 tahun 2011 dimana setiap pegawai wajib mengisi SKP sebagai bagian dari sistim birokrasi sehingga pegawai tersebut dapat dinilai kinerjanya setiap hari dan akan diakumulasi pada akhir tahun anggaran.

Regulasi ini  sehati dengan  PP nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin. Dan seninya lagi bahwa SKP itu berfungsi sebagai indicator untuk mengenal pegawai yang akan dipromosi menduduki jabatan terlowong . Nilai kinerja pegawai tidak seperti saat menggunakan DP3 yang banyak kebohongannya dimana pegawai harus mengikuti nilai sebelumnya dan celakanya  tidak boleh lebih rendah. Hal ini membuat pegawai kita terbiasa menjadi pegawai pekerja dan pemalas. Tetapi SKP adalah nilai kinerja pegawai pada tahun yang bersangkutan. Tentu nilainya tergantung pada kinerja pegawai bukan berdasarkan nilai sebelumnya. Setidaknya dapat menjadi cambuk bagi guru pekerja dan  malas.  

Inilah yang harus disadari semua kita di Kementerian Agama yang aslinya lembaga ini bernama agama  ( bahasa Sangsekerta ) yang terdiri dari  “ a “ berarti tidak dan “ gama “  berarti kacau. Artinya lembaga ini harus menciptakan kedamaian ,bukan kekacauan ,kedisiplinan bulan kemalasan “  Kata kepala Madrasah disaat sambutan pada acara  penyusunan SKP  yang digelar pada hari Sabtu,05 November 2016 yang dimulai pukul 11.00 Wita ( setelah selesai jam Ulangan Semester ) di Ruang guru MAN 3 Sumbawa “ .

Acara yang diawali dengan lantunan ayat suci al-Quran oleh Dra. Wahdah itu dapat menciptakan suasana yang hening dan tenang  dan hal ini  sudah menjadi rutinitas setiap acara di MAN 3 Sumbawa ). Beberapa PNS yang terlihat  pada acara tersebut adalah Drs. Aziz ( kepala madrasah  yang nantinya akan menjadi nara sumber kegiatan ini ) , Ibnu Fathur Raziq,S.Pd ( Wali kelas XII IKA ), Sukarmin S.Pd.I ( Waka Saspras ),Fatiati,S.Pd ( waka Kesiswaan ), Dra. Wahdah Waka Humas, Sitti Rauhun ,S.Pd.I ( Bendahara Pengeluaran ),Lalu Moh. Ali , S.Ip ( Operator BMN ),Dra. Dwi Ariani ( kordinator BP/BK ),Martiningsih,S.Pd.I ( Kepala Perpustakaan )  , Amria Susanti,S.Pd ( Pembina Olah Raga ) dan Ir. Masniati ( Wali kelas X IPA ). Dan PNS yang tidak hadir  adalah Hermansyah ( Kepala TU ), Khaeruddin,S.Ag ( wali kelas XI IPB 1 ), Muhammad Sahabuddin,S.Pd ( waka Kurikulum ),  sementara GBPNS dan Honorer murni cukup banyak yang ikut menimba ilmu tersebut. Bahkan Kepala Madrasah memotivasi honorer dengan kata-kata “ boleh jadi indicator perekrutan CPNS itu akan dilihat masa kerja dan kinerja karena apabila sesuatu itu sudah diundang-undangkan seperti  PP 53 2010 dan PP 46 2011 tentu menjadi prasyarat , walau Uji kompetensi tertulis dan Wawancara mengenai nuansa agama dan kebangsaan menjadi hal yang utama “.. Drs. Aziz menambahakan, “ SKP itu juga berfungsi untuk mengendalikan dan membimbing siswa karena setiap pekerjaan pegawai dicatat dalam SKP dan diminta tanda tanga atau paraf siswa bersangkutan , artinya dengan SKP hubungan guru dengan siswa akan semakin mendapat tempat dan dinilai oleh lembaga melalui SKP “. Katanya mengakhiri sambutan.

Acara dilanjutkan dengan cara pengisian SKP. Drs. Aziz yang juga menjadi kepala MAN 3 Sumbawa ini memulai pelatihan dengan menggunakan regulasi yaitu Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama nomor 15 tahun 2016 tentang tata cara pembayaran tunjangan kinerja pegawai pada Kementerian Agama. Dari bab I pendahuluan, bab II Administrasi pembayaran kinerja,Bab III tata cara perhitungan tunjangan kinerja,Bab IV proses pencairan tunjangan kinerja dan penutup di Bab V ( terakhir ) . Kepala madrasah yang sekaligus menjadi nara sumber itu menjelaskan secara detail tentang syarat-syarat pembayaran tunjangan kinerja yaitu kita harus memiliki daftar hadir elektronik,laporan kinerja harian ,mingguan,bulanan ( dapat dibayarkan  TPG atau Tukin )  karena TPG harus memenuhi 24 jam tatap muka yang dibuktikan dengan Jurnal Kelas ( KBM ) dan pembayaran Tukin sebenarnya sama dengan pembayaran TPG hanya saja Tukin ditulis dalam Form SKP . Tetapi MAN 3 Sumbawa telah mensosialisasikan  SKP sejak tahun 2014 dan mulai menggunakannya  pada tahun 2015  termasuk untuk KBM , kita tulis dalam Form SKP.   Kemudian rekap  SKP setiap semester dan kelihatanlah  nilai kinerja pegawai ( Prestasi kerja dan Prilaku kerja ) . Syarat berikutnya adalah nomor rekening yang ditunjuk dan bukti –bukti pendukung lain yang syah.

Kalau sudah lengkap syarat-syarat tersebut maka PPSPM mengajukan surat permintaan pembayaran kepada kepala madrasah selaku kepala satker,penanggung jawab, kemudian bendahara dapat menindaklanjuti pengamprahan gaji melalui KPPN Sumbawa Besar. Akhirnya semua kita dapat tidur dengan nyenyak dan makan yang halal-halal. Demikian nara sumber menyampaikan . setelah selesai pemaparan maka Sesi Tanya jawab pun dibuka . penanya mohon memperkenalkan diri sebelum bertanya, himbauan MC.  ” Nama saya Ibnu Fathur Raziq , pertanyaan ini ada yang berkaitan dengan materi tadi dan ada yang berkaitan dengan hal lain. Bagaimana seharusnya kita dengan tamu,soalnya ada diantara kita yang kurang bagus dinilai tamu pada suatu ketika. Bagaimana cara memasukan kinerja pengganti  dalam SKP , apakah  menjadi Pengawas US juga dimasukan dan bagaimana penulisan gelar dalam surat ataukah berlaku untuk  rapor juga ?, terima kasih “ . Nara sumber menjawab. “ seharusnya kita menerima tamu dengan salam,sapa dan senyum,sambil menanyakan apa yang bisa dibantu, terima kasih sudah datang ke madrasah kami dan dengan etika-etika agama . Cara memasukan kinerja pengganti dapat ditulis pada SKP hari dimana kita tidak masuk dan melampirkan RPP baru,jadwal baru. Pada saat US juga dimaksukan dalam SKP kelas mana kita mengawas dan berapa JTM /Menit. Pendek kata kinerja apapun yang berkaitan dengan TUPOKSI dan untuk madrasah maka masukan  sedangkan penulisan gelar hanya berlaku pada surat resmi .Acara ditutup dengan doa ( penulis Aziz ).

129
Share :

INFORMASI LAINNYA