Jelajahi Indonesia Lewat Pramuka

Minggu, 25 Desember 2016 21:36

Jelajahi Indonesia Lewat Pramuka

Praya, Inmas _ Madrasah bukan hanya wadah bagi kita untuk menuntut ilmu dalam berbagai bidang mata pelajaran umum seperti IPA, IPS, Matematika, bahasa, dan lain-lain .Tetapi madrasah juga merupakan wadah bagi siswa-siswi untuk mengembangkan bakat dan minat mereka masing-masing. Bakat dan minat siswa-siswi dapat dikembangkan dalam berbagai kegiatan seperti OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah), Pramuka, Drum band, Tilawatil Quran, dan PMR (Palang Merah Remaja). Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang paling menonjol di MTsN Janapria adalah pramuka yang merupakan akronim dari Praja Muda Karana. Pramuka MTsN Janapria memiliki nama satuan yaitu Garda Utama . Dikatakan Garda Utama karena dalam berbagai kegiatan, pangkalan MTsN Janapria adalah pangkalan yang paling unggul diantara pangkalan-pangkalan lainnya di wilayah Janapria.

Menurut salah satu siswa MTsN Janapria Nuron Ismi menceritakan pengalamanya bahwa dirinya merupakan salah satu anggota yang aktif dalam pramuka. Kegiatan pramuka memberikannya kesempatan untuk berkeliling ke daerah-daerah lain di Indonesia yaitu dengan mengikuti kegiatan Pramuka Nasional di luar daerah berturut-turut dua kali dalam 1 tahun. Diantaranya mengikuti kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) II yang dilaksanakan di Pantai Liang, Ambon pada 24-28 Mei 2016.

Tidak mudah untuk mengikuti kegiatan ini karena pemilihannya cukup ketat. Awalnya, siswa-siswi di seleksi di kabupaten. Kabupaten Lombok Tengah mendapat kuota untuk mengutus beberapa siswa-siswi dari madrasah untuk mengikuti seleksi yang dilaksanakan di MTsN Mataram, saya termasuk salah satu siswi yang berhasil lolos ke tingkat provinsi. Di tingkat provinsi, hanya 3 peserta yang berhasil lolos untuk bisa mengikuti kegiatan PPMN II, Alhamdulillah saya termasuk salah satu peserta yang lolos diantara 3 peserta tersebut. Dan bisa berpetualang ke Ambon untuk pertama kali serta bertemu teman-teman pramuka se-Indonesia, ujar Nuron Ismi bernostalgia.

Beberapa bulan kemudian, Nuron mengikuti Jambore Nasional Ke X yang dilaksanakan di Cibubur, Jakarta pada 14-21 Agustus 2016. Kegiatan ini diikuti oleh Pramuka penggalang se-Indonesia . Bisa mewakili MTsN Janapria untuk mengikuti kegiatan nasional tersebut adalah suatu kebanggaan ,Sangat senang dan bersyukur karena melalui kegiatan tersebut bisa berkelana ke daerah orang lain dan mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada disana, Nuron bercerita dengan bangga.

Menurut Nuron, Dengan Pramuka tidak hanya pengalaman yang didapatkan, tetapi ilmupun bertambah melalui kegiatan tersebut. Dirinya bisa mengikuti semua kegiatan ini tidak putus dari doa dan dukungan kedua orang tuanya. Tak lupa Nuron mengucapkan terima kasih kepada orang -orang yang selalu memberikan dukungan, terutama pembina pramuka MTsN Janapria yaitu Lalu Sopian Wira Hadi yang telah melatih dan mendidik tanpa lelah. Melalui kegiatan Pramuka, siswa didik bukan hanya mendapatkan banyak ilmu dan teman baru, melainkan juga bisa lebih mengenal Indonesia,lewat kegiatan pramuka masih banyak lagi daerah yang dapat di kunjungi. Salam Pramuka. (Nuron/Ins cancer)

2811
Share :

INFORMASI LAINNYA