OSIM Sebagai Salah Satu Organisasi Terpenting Di MTsN Janapria

Minggu, 25 Desember 2016 21:50

OSIM Sebagai Salah Satu Organisasi Terpenting Di MTsN Janapria

Praya, Inmas _ Sangat penting bagi tiap-tiap Madrasah memiliki berbagai kegiatan (baik ekstrakurikuler maupun intrakurikuler) untuk meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam berbagai bidang yang siswa-siswi minati. Kegiatan tersebut memiliki banyak sekali manfaat diantaranya mendukung siswa-siswi untuk lebih bersemangat dalam menjalankan kewajibannya, membimbing siswa-siswi agar mempunyai rasa tanggung jawab, dan juga dapat melatih siswa-siswi agar lebih kreatif dalam menyelesaikan amanah yang diberikan.

Di MTsN Janapria terdapat banyak kegiatan ekstrakurikuler maupun intrakurikuler yang disediakan bagi siswa-siswi untuk melatih berbagai keterampilan di luar mata pelajaran sekolah. Berbagai kegiatan yang disediakan di MTsN Janapria antara lain Pramuka, OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah), Drum band, Karya Tulis Remaja (KTR), Tilawatil Quran, Kaligrafi, PMR (Palang Merah Remaja), Tenis Meja, Pelatihan komputer, dan Badminton. MTsN Janapria sadar akan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler untuk mendidik dan membimbing siswa-siswinya dalam belajar.

Salah satu kegiatan yang paling diminati oleh siswa-siswi MTsN Janapria adalah OSIM. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah bagi siswa-siswi lintas kelas untuk bersama-sama melaksanakan berbagai kegiatan yang telah diprogramkan. Pembina organisasi ini adalah bapak Yusro Mursyid, S. Pd. I, yang mengatakan bahwa  “Sangat penting untuk mendirikan organisasi seperti OSIM, karena dengan adanya OSIM, dapat membimbing siswa-siswi dalam berorganisasi di sekolah maupun di masyarakat. Dengan adanya OSIM pula, bisa menjadikan siswa-siswi untuk menjadi lebih disiplin dalam segala hal” demikian Bapak Yusro Mursyid, S.Pd.I ketika ditemui di ruangannya Jumat, 16/12/2016.

Dengan adanya kegiatan OSIM, berbagai kegiatan di sekolah bisa berjalan dengan lancar. Seperti pada saat upacara bendera setiap hari Senin atau upacara hari-hari besar nasional, anggota OSIM selalu mempersiapkan perlengkapan untuk jalannya upacara. Begitu juga dengan kegiatan imtaq setiap pagi, anggota OSIM selalu menjadi garda terdepan dalam mempersiapkan perlengkapan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan tentunya di bawah bimbingan para guru dan pembimbing OSIM. Selain itu, anggota OSIM juga selalu menjadi panitia ketika ada acara di sekolah. Bisa dikatakan, anggota OSIM selalu terlibat dalam segala hal di sekolah. Inilah alasan mengapa organisasi ini merupakan salah satu kegiatan yang paling penting di sekolah.

OSIM MTsN Janapria melaksanakan pelantikan secara rutin setiap tahunnya untuk merekrut anggota baru. Setiap anggota OSIM diambil dari setiap kelas untuk mewakili kelas mereka masing-masing. Pemilihan anggota OSIM dilakukan dengan sangat selektif karena anggota OSIM merupakan siswa-siswi terbaik dari masing-masing kelas. Hal ini mengingat kegiatan OSIM sangat banyak. Jadi, anggota OSIM bukanlah orang-orang sembarangan. Anggota OSIM terdiri dari siswa-siswi tangguh yang siap mengemban amanah.

Dengan mengikuti OSIM, siswa-siswi belajar berorganisasi, berinteraksi dan bersosialisasi dengan anggota OSIM yang lainnya. Siswa-siswi juga diajar untuk bertanggung jawab atas amanah yang sudah diberikan kepada masing-masing anggota OSIM. Setiap anggota OSIM belajar untuk bekerja dengan ikhlas dan tanpa pamrih.(Nita/Ins cancer)

3252
Share :

INFORMASI LAINNYA