MTsN SUMBAWA BESAR DIGENANGI BANJIR

Selasa, 31 Januari 2017 06:54

MTsN SUMBAWA BESAR  DIGENANGI BANJIR

MTsN Sumbawa, Inmas _ Hujan Lebat dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Sumbawa pada penghujung Tahun 2016 dan awal Tahun 2017 terlihat cukup mengkhawatirkan  bagi pemukiman yang berada pada dataran rendah. Hujan yang terjadi beberapa minggu terakhir ini membuat ruas jalan dan beberapa area sekolah dan perkantoran disekitar Jalan Durian Sumbawa digenangi banjir. MTsN Sumbawa yang terletak di kelurahan Uma Sima Kec. Sumbawa ikut terkena dampak derasnya hujan. Air dengan ketinggian lutut orang dewasa telah mengepung Area Madrasah, sehingga Ruang Guru, LAP, Perpustakaan, Ruang Belajar dan Rumah penjaga Madrasah tak terhindarkan dari genangan banjir. Banjir yang menggenangi MTsN Sumbawa bukanlah kali pertama terjadi tapi pada tahun-tahun sebelumnnya juga mengalami hal yang sama.

Dampak dari banjir yang terjadi Hari Kamis sampai Ahad kemarin dan bulan sebelumnya telah melumpuhkan proses belajar mengajar dan cukup menyita waktu dan tenaga bagi Guru, Tata Usaha dan Siswa untuk bersama-sama bergotong royong membersihkan lantai yang dipenuhi lumpur kecoklatan dan menyelamatkan beberapa berkas ataupun administrasi yang masih tersimpan dalam meja.

Banjir yang menggenangi MTsN Sumbawa dan beberapa rumah disekitarnya diakibatkan oleh air hujan yang turun dari bukit yang berada dibelakang Kampung Irian Bawah dan tidak bisa ditampung oleh sungai kecil yang membentang ditengah perkampungan Irian Bawah. Dangkalnya sungai yang mengitari puluhan rumah dan Madrasah juga menjadi penyebab masuknya air di area Madrasah. Air yang tercampur lumpur dan beberapa material masuk melalui Gerbang depan Madrasah dan memasuki ruang guru, ruang siswa dan beberapa ruangan lainnya. Air yang menggenangi Madrasah, terjebak tidak bisa keluar dengan cepat karena Drainase yang semula berfungsi untuk jalan keluar air justru dihadang oleh luapan air sungai yang berada disebelah Barat Madrasah, genangan airpun makin membesar ditambah lagi dengan tumpahan air sungai yang masuk lewat gerbang belakang madrasah. Dengan kejadian ini pihak Madrasah dan Masyarakat mengharapkan ada perhatian dari pihak terkait untuk bisa mengeruk sungai yang semakin hari semakin dangkal dan menyempit.

Dalam rapat guru yang digelar Senin, 30/01/2017 Kepala MTsN Sumbawa Besar Adiat Hasan, S.Ag sempat menyinggung beberapa permasalahan yang terkait dengan  banjir dan beberapa langkah yang akan ditempuh untuk mengatasinnya. Menurut Kepala Madrasah langkah yang ditempuh adalah “ Dengan membuat bangunan baru yang memiliki pondasi tinggi dan berlantai dua sehingga segala kemungkinan seperti banjir bisa teratasi, namun untuk memiliki bangunan baru tidaklah mudah kita dapatkan karena harus menempuh proses yang panjang dan harus berkonsolidasi dengan beberapa pihak. Namun walaupun demikian sambungnya” kami tetap berusaha untuk mendapatkannya demi kenyamanan kita dan generasi-generasi yang akan datang dan kami minta bapak-ibu guru untuk menyelipkan do’a selesai sholat agar segala harapan kita untuk memajukan madrasah terijabah Allah Swt”, demikian ucap Kepala Madrasah.  (Humas MTsN Sumbawa)

78
Share :

INFORMASI LAINNYA