Menengok Bina Keluarga Lansia  

Sabtu, 18 Maret 2017 07:07

Menengok Bina Keluarga Lansia   

 

Sumbawa Besar,Inmas_Bina Keluarga Balita atau BKL adalah kelompok kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan  pengetahuan dan ketrampilan keluarga yang memiliki lanjut usia (Lansia) dalam pengasuhan ,perawatan dan  memberdayakan Lansia agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Di latarbelakangi oleh adanya kepentingan bersama  orang Lansia yang merasa dirinya senasib , sebaya pada tahun 2013 membentuk kelompok  yang diberi nama kelompok Saling Beme, yang pertemuannya dari rumah ke rumah  dengan kegiatan silaturrahim,pengajian dan arisan, kemudian kelompok tersebut berkembang baik jumlah anggota maupun  kegiatannya dalam bentuk  sosial kemasyarakatan dan usaha ekonomis produktif.

Pada tahun 2016 anggota kelompok  bertambah bukan hanya Lansia tetapi juga pra lansia bahkan pasangan usia subur (PUS) yang mempunyai anggota keluarga keluarga yang lansia.

Dengan perkembangan tersebut diatas kelompok ini memerlukan  tempat  pertemuan yang lebih luas sehingga memilih tempat di Masjid Al Munawwarah Bukit Permai Kelurahan Seketeng.

Dengan berjalannya kegiatan kelompok Lansia di Masjid , maka pengurus dan anggota kelompok bersepakat merubah nama kelompok menjadi Bina Keluarga Lansia (BKL) Al-Munawwarah dengan visi mempertahankan hubungan silaturrahmi antar anggota dan misinya memperkuat kelembagaan,kegiatan sosial kemasyarakatan,meningkatkan kegaiatan usaha ekonomi yang produktif dan menjaga kesehatan agar tetap sehat.

Adapun kegiatan kelompok BKL adalah
        1. Sosial kemasyarakatan , kegiatan ini yang bersifat sosial dalam bentuk  silaturrahim, berkunjung kerumah antar anggota                      kelompok dengan tujuan mempererat tali persaudaraan dan menjenguk bila ada anggota yang sakit.

  1. Pengajian, kegiatan pengajian merupakan kegiatan yang bersifat kerohaniawan dalam bentuk ceramah,penyuluhan baik bidang agama maupun ilmu pengetahuan umum lainnya.
  1. Olah raga dan kesenian, melaksanakan kegiatan senam Lansia setiap minggu untuk menjaga kesehatan, menyanyikan mars dan hymne lansia setiap pertemuan sebaga hiburan.
  1. Rekreasi, melaksanakan kegiatan rekreasi sebagai refresing agar dapat mengurangi/ menghilangkan stress.
  1. Ekonomi produktif, kegiatan ini meluputi kegiatan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kemampuan ekonomi keluarga dalam bentuk arisan,simpan pinjam dan industri rumah tangga.

Jumlah  anggota BKL Al Munawwarah yang aktif sebanyak 40 orang,jumlah keluarga lansia 40 orang dan jumlah pasangan Subur PUS 24 orang semuanya menggunakan kontrasepsi, kelompok BKL Al Munawwarah Bukit Permai berada dalam wilayah Lingkungan Bukit Permai Keluarahan Seketeng Kecamatan Sumbawa,lingkungan Bukit Permai terdiri dari RT.07, 4 RT, RW.08 (4 RT( yang mempunyai kepala keluarga lebih kurang 500 KK baik PUS,Pra Lansia maupun  Lansia dan mata pencaharian penduduk terdiri dari PNS,Pegawai Swasta,Pedagang,Pertanian,Pensiunan dan jasa lainnya.

Sementara Kepengurusan BKL Al Munawwarah sebagai Pembina Lurah Seketeng, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Tenaga Medis, Ketua : Ir. Indermawan HB, Wakil Ketua : H.Zainuddin HMS, Sekretaris Tanti Ilangi,S.Pd dan Umi Salama, Bendahara Hartati Muslih dan Rosida Usman, Seksi Olah raga : Rosita S.Pd,Derhana Yudi,Siti sarah, Seksi Penyuluhan : M.Amin S.Pd,Ir.B.Rahma Iryanti,Rosmiati,S.Pd dan Seksi Mobilisasi Sosial L H.Iskandar SH,Syahabuddin S.Pd dam Sri Sumbawati.___(jok).

182
Share :

INFORMASI LAINNYA

Profil Kemenag Bima
Senin, 28 November 2011 12:00
SAFARI KERUKUNAN UMMAT BERAGAMA
Kamis, 31 Desember 2015 09:51