Siswa MAN 2 Kota Bima Asah Keterampilan Berbahasa Inggris Ke Pantai Lakey

Minggu, 30 April 2017 19:20

Siswa MAN 2 Kota Bima Asah Keterampilan Berbahasa Inggris  Ke Pantai  Lakey

Kota Bima, Inmas_Sudah menjadi agenda tahunan siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima mengadakan praktek lapangan ke Pantai Lakey yang ada di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu NTB. Kegiatan tahunan bagi siswa-siswi yang tergabung dalam English Club MAN 2 Kota Bima ini dilaksanakan pada Sabtu, 15/04/2017 lalu. Kegiatan tahunan ini rutin dilaksanakan saat Ujian Nasional (UN) selesai.

Seluruh peserta yang berjumlah 85 orang tersebut diiangkut dengan menggunakan 2 bus pariwisata. Satu bus terdapat  5 kelompok dan satu kelompok terdiri dari 9 orang. Selama perjalanan dari Kota Bima menuju Pantai Lakey, masing-masing anggota dari setiap kelompok menjelaskan secara detail beberapa tempat yang dilewati dengan menggunakan bahasa Inggris. Tempat-tempat tersebut seperti: Museum Asi Mbojo, desa Ni’u, kecamatan Sila, Bandar Udara Muhammad Salahuddin, Pantai Lawata, Pantai Kalaki, kecamatan Madapangga, Tari Lenggo, dan Pantai Lakey.

Setelah semua kelompok selesai dengan penugasan tersebut, para pembina mengadakan game “Spelling Bee”. Setiap peserta diuji kemampuannya dalam mengeja kosa kata bahasa Inggris dengan benar sesuai pengucapan dalam bahasa Inggris. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan dan mabuk darat selama perjalanan yang memakan waktu sekitar 3 jam tersebut.   

            Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2017 ini ada yang berbeda. Praktek lapangan ke Pantai Lakey merupakan salah satu program khusus diperuntukkan bagi siswa-siswi MAN 2 Kota Bima yang tergabung dalam English Club. Di tahun ini, tak hanya diperuntukkan bagi anggota English Club, siswa-siswi yang ikut English Holiday Camp (EHC) juga ikut serta. Seluruh siswa Kelas Digital (Digital Class) MAN 2 Kota Bima pun diikut sertakan.

Di samping dibimbing oleh 3 orang pembina English Club, yaitu: Wahidah, S.Ag, Riana Herlina, S.Pd, dan Haris Mulyanto, seluruh peserta juga dibimbing oleh 3 pengajar Prime English Course (PEC) Bima karena pihak madrasah bekerjasama dengan (PEC) Bima untuk lebih mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris siswa-siswi MAN 2 Kota Bima. Ada 4 orang pengajar PEC yang diikut sertakan, yakni Erni, M.Pd, Nurfitriyaningsi Syaframis, S.Pd, Zevilia Rosita, S.Pd, dan Nur Eka Rahmawati, S.Pd.

Setiba di pantai Lakey, setiap kelompok ditugaskan mencari wisatawan asing dan mengajukan beberapa pertanyaan, seperti: menanyakan berapa lama tinggal di Lakey, dengan siapa datang ke Lakey, apakah ini pertama kali berkunjung ke Lakey, apakah suka menghabiskan liburan ke Lakey, dan apa makanan/minuman Indonesia yang difavoritkan.  

Keterangan pembina, tujuan praktek lapangan tersebut adalah untuk melatih sekaligus mengasah keterampilan berbahasa Inggris bagi siswa-siswi MAN 2 Kota Bima, seperti kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini mengaku sangat antusias mengikuti setiap penugasan yang diberikan oleh para pembina. Apalagi setiap peserta berinteraksi langsung dengan para wisatawan asing yang memang sehari-harinya berbahasa Inggris (Native speaker). Berinteraksi langsung dengan Native Speaker merupakan pengalaman baru yang menantang bagi mereka. (Nurrosyidah Yusuf)   

      

 

73
Share :

INFORMASI LAINNYA