Senin, 1 Oktober 2012 –
Penataan Pegawai Lingkup Kemenag Prov.NTB

Mataram_Hukmas&KUB pelaksanaan kegiatan Desimasi Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja serta Workshop Penyusunan Standar Oprasional Prosedur (SOP) berlangsung. Hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Kemenag Prov. NTB, serta seluruh pejabat eselon III & IV lingkup Kanwil Kemenag Prov. NTB dan seluruh peserta kegiatan. Diawali dengan pembacaan ayat suci al-qur’an kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua panitia.

Drs.H. Muhammad Amin, M.Pd selaku ketua panitia mengatakan, dalam rangka mewujudkan pegawai negeri sipil yang handal, profesional, dan berkualitas, dimana PNS sebagai ruh pertama serta utama dalam sebuah lembaga, perlu penataan pegawai dan kelembagaan. Salah satu sarana dalam penataan adalah kepastian pembebanan tugas pegawai yang hanya diperoleh dengan pelaksanaan analisis beban kerja yang berlandaskan pada analisis jabatan.Analisis jabatan merupakan suatu teknik untuk mendapatkan informasi tentang jabatan melalui proses penelitian administrasi atau pengkajian yang dilakukan secara analitik terhadap jabatan yang diperlukan dalam suatu unit organisasi. Analisis jabatan sebagai salah satu program utama dalam proses peningkatan pendayagunaan aparatur negara yang handal, profesional, berkualitas. Sedangkan standar operasional prosedur landasan yang dipergunakan oleh setiap Pegawai Negeri Sipil dalam melaksanakan setiap tugas yang dibebankan kepada dirinya.Analisa beban kerja dan analisis jabatan wajib dilakukan oleh setiap pejabat pemerintah dalam rangka mengetahui seberapa banyak tugas yang dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas dan hasil analisa setiap beban kerja dan jabatan merupakan syarat utama untuk mendapatkan formasi CPNS tahun 2013.”ungkapnya”Sedangkan tujuan dari kegiatan Desiminasi dan Workshop ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan bekal kepada pejabat eselon III, IV, Fungsional Umum dan Tertentu, tentang tata cara penyusunan Analisa Beban Kerja, Analisa Jabatan dan SOP. Adapun sasaran kegiatan Desiminasi dan Workshop ini adalah adalah para pejabat eselon III, IV dan jabatan fungsional Umum dan Tertentu, di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. NTB dan Kab/Kota se-NTB, dan untuk materi Desiminasi Analisa Beban Kerja dan Analisis Jabatan Antara Lain Metode dan langkah – langkah penyusunan beban kerja dan analisa jabatan, Praktek penyusunan Analisa Beban Kerja dan Analisis Jabatan sedangkan untuk Workshop SOP ialah Metode dan langkah-langkah penyusunan SOP Praktek penyusunan SOP

Sedangkan untuk nara sumber Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. NTB, Kabag organisasi Pada Biro Ortala Kementerian Agama RI, Kabag Tata Laksana pada Biro Ortala Kemenag RI, sedangkan untuk peserta berjumlah 120 orang berasal dari Kanwil Kemenag Prov. NTB dan Kemenag Kab/Kota Se-NTB, bertempat di hotel jayakarta dari tanggal 1 s.d tanggal 3 Oktober 2012.”ungkapnya”

Kakanwil kemenag Prov. NTB (Drs.H. Usman) dalam sambutannya mengatakan, bahwa di Kementerian Agama baru Haji saja yang mempunyai SOP sedangkan yang lain belum punya. Untuk itulah perlu perhitungan atau standar yang baku untuk PNS dalam menyelesaikan pekerjaannya. Struktur terbaru bagi Kementerian Agama (PMA no.13 tahun 2012 pengganti KMA 373 tahun 2002) mulai berlaku sejak 24 agustus 2012. “ungkapnya”

Pada tahun ini jatah untuk PNS untuk Kementerian Agama tidak ada untuk itulah mulai saat ini beliau berharap agar ada perhitungan mengenai beban kerja pada masing-masing unit. Kemenag miskin fungsional kaya struktur.”ujarnya” (haz)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.030459 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 432075
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.