Rabu, 3 Juli 2013 – Bidang Haji & Umroh
Haji Merupakan Tugas Nasional dan Merupakan Tanggung Jawab Pemerintah

Mataram_Infoka & Humas —- Penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas Nasional dan menjadi tanggung jawab pemerintah yang dikoordinir oleh Menteri Agama dan merupakan rangkaian kegiatan yang beragam, melibatkan banyak pihak dan orang dalam melayani publik yang bersifat rutin seriap tahunnya. Masalah haji di Indonesia, dari tahun ke tahun senantiasa menyisakan persoalan, terutama terkait dengan manajemen pengelolaannya. Wacana yang selalu muncul kepermukaan sebagian besar adalah ketidak puasan jamaah haji terhadap manajemen penyelenggaraan ibadah haji dan pelayanan yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama.” ujar H. Muhammad Nasir, S.Sos selaku ketua panitia dalam orientasi penyuluh dan bimbingan manasik haji dan workshop pengelola siskohat Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2013.”

Masih menurut H. Nasir walaupun disisi lain Kementerian Agama melalui berbagai inovasi dan penyempurnaan telah melakukan upaya-upaya peningkatan baik dari aspek manajerial, sumber daya manusia, serta berbagai pola oprasional lainnya. Salah satu langkah nyata dan strategis yang dilakukan oleh Kementerian Agama untuk secara terus menerus berusah melakukan peningkatan pelayanan dalam penyelenggaraan kegiatan Orientasi Penyuluhan dan Pembimbing Manasik Haji dan workhsop bagi pengelola siskohat Provinsi dan Kabupten/Kota se-Nusa Tenggara Barat yang dilakukan secara periodik setiap tahunnya.

Adapun Kegiatan ini bertempat di Asrama embarkasi Provinsi NTB berlangsung dari tanggal 2 sampai tanggal 4 Juli 2013, dan untuk peserta Orientasi Penyuluh dan Bimbingan Manasik Haji berasal dari unsur Bidang PHU Kanwil Kemenag Prov.NTB, unsur dari seksi PHU dan penyuluh pada Kankemenag Kab/Kota se-NTB, untuk jumlah peserta sebanyak 40 orang. Dan untuk Workshop Pengelola Siskohat jumlah peserta seluruhnya sebanyak 30 orang, terdiri dari operator siskohat Kanwil dan Kankemenag Kab/kota se – NTB.”tegasnya.

Drs.H. Muhammad Amin, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan pentingnya layanan pada jamaah yang berhubungan dengan administrasi mulai dari pendftaran hingga keberangkatannya, dimana ketersediaan sistem layanan yanga terpadu dengan tenaga yang memiliki kompetensi menjadi sangat urgent sehingga perlu diasah kemampuan para opertor siskohat. Adapun pelayanan terhadap jamaah yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah haji itu sendiri, maka kerlu kiranya menyediakan tenaga penyuluh serta pembimbing yang baik dan profesional guna menciptakan kemandirian jamaah dalam melaksanakan ibadah haji. “harapnya. (haz)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.570870 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 468208
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.