Sabtu, 31 Mei 2008, 11:00 –
Menag Setuju Madrasah Diserahkan Ke Pemda Aceh

Banda Aceh, 31/5 (Pinmas) – Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni menyatakan setuju apabila madrasah yang selama ini di bawah binaan Departemen Agama diserahkan ke Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

“Saya rela MIN dan MTsN dikelola Pemerintah daerah. Dan saya akan tandatangni sendiri pengalihan tersebut,” kata Menteri pada acara dialog dengan jajaran Kanwil Depag NAD dan Kakandepag kabupaten/kota di Banda Aceh, Sabtu.

Pengalihan sekolah tersebut merupakan amanat Undang-undang No.11/2006 tentang Pemerintahan Aceh yang antara lain menyebutkan penyerahan madrasah yang selama ini dikelola Depag diserahkan paling lambat akhir tahun 2008.

Menag Maftuh menyatakan, dirinya sangat yakin kalau madrasah diserahkan ke Pemerintah Aceh, maka murid dan gurunya tidak ditelantarkan. Oleh karenanya, dengan sepehuh hati akan diserahkan kepada pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala Kanwil Depag NAD HA Rahman TB menyatakan, meskipun madrasah sudah diserahkan ke Pemerintah Aceh, namun diharapkan Depag tetap memberi bantuan dana pendidikan ke daerah.

Jumlah MIN di Aceh saat ini sebanyak 427 unit dan MIS 125 unit, MTsN 102 unit, MTsS 208 unit, MAN 60 unit, MAS 118 unit.

Rahman menyatakan, sekarang ini sedang dibicarakan masalah penyerahan madrasah tersebut yang melibatkan sejumlah tokoh pendidikan.

Selanjutnya, Menteri Maftuh menyatakan, Depag sangat konsen untuk meningkatkan pendidikan agama, karena hampir 85 persen dana APBN disalurkan ke sektor pendidikan.

Menyinggung tentang permintaan madrasah dinegerikan, Menteri menyatakan, dirinya terus berusaha akan mengupayakan agar madrasah bisa dinegerikan.

Namun ia mengingatkan jika sudah dinegerikan bukan berarti para gurunya menjadi pegawai negeri. “Jadi, harus dipertimbangkan masak-masak,” ia mengingatkan.(es/ts)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.034249 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 498535
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.