Kamis, 19 Juni 2008 –
Arena MTQ Jadi Tempat Studi Wisata

Serang,19/6 (Pinmas)—MTQ Nasional XXII di Banten ternyata dapat dijadikan sebagai tempat studi wisata. Seperti yang dilakukan Yayasan Pondok Pesantren Turus Pandeglang Yayasan yang telah berdiri 66 tahun lalu ini membawa serta para santri untuk mengunjungi lokasi dan merekap dalam sebuah laporan perjalanan sebagai tugas mata pelajaran.

“Kebetulan di pesantren yang juga terdapat sekolah tsanawiyah dan aliyah masih dalam masa tenggang sebelum libur dan perpisahan kelas tiga. Jadi mereka diarahkan kesini sambil mengisi kekosongan,” ujar Akhsin, salah satu Ustadz di yayasan tersebut yang bertindak selaku koordinator kepada Radar Banten, Rabu (18/6) kemarin.

Para santri dianjurkan untuk mengumpulkan informasi dari brosur maupun selebaran dari tempat-tempat yang dikunjungi. Selanjutnya disusun sebagai bahan tugas laporan akhir ajaran pendidikan. Kegiatan semacam ini menurut Akhsin seperti menyelam minum air, selain membawa santri ke tempat hiburan yang bermanfaat juga mengajarkan untuk mencari data dengan langsung mengunjungi lokasi.

“Inisiatif seperti ini memang bagus diterapkan, apalagi momen seperti ini jarang ada di Banten. Konsepnya sama seperti studi wisata,” imbuhnya.

Rombongan santri dibagi dalam dua tahap, pagi untuk santri tsanawiyah dan siang hari untuk santri aliyah. Masing-masing diberangkatkan dalam satu bis.

Menurut M. Abdurrahman, salah satu santri yang duduk kelas satu madsrasah tsanawiyah (MTs) mengatakan, dirinya cukup bahagia mengikuti program kunjungan tersebut. “Ini yang pertama kali ikut acara seperti ini,” katanya. (rb/ts)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.023314 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 294424
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.