Kesadaran Masyarakat Kec. Kediri Semakin Meningkat Untuk Mencatat Pernikahannya

Senin, 19 Mei 2014 11:20

Kesadaran Masyarakat Kec. Kediri Semakin Meningkat Untuk Mencatat Pernikahannya

Gerung Inmas, (19/5)_Penghulu dan Penyuluh yang ada di KUA Kecamatan sangat kerepotan dalam melayani pendaftaran kehendak nikah catin yang dibuktikan dengan baru jam 09.02 Wita sudah dua pasangan catin yang melaporkan diri untuk didaftarkan kehendak nikahnya pada KUA Kecamatan Kediri Senin, 19 Mei 2014.

Kejadian ini dibarengi dengan animo masyarakat yang sangat tinggi akan pemahaman pentingnya pencatatan peristiwa nikahnya untuk dicatat oleh Pemerintah sebagai salah satu persyaratan administrasinya untuk mendapatkan Buku Nikah sebagai bukti fisik bahwa nikahnya sudah diakui oleh negara.

Setelah kelengkapan administrasinya calon pengantinnya diberikan pencerahan dan pengertian dari BP-4 akan arti sebuah keluarga yang akan dijalankan dalam berumah tangga.

Menurut H.M. Satir Penyuluh BP-4 KUA Kecamatan Kediri mengatakan suami harus bertanggung jawab terhadap istrinya karena suami adalah pemimpin dalam rumah tangga, dan sebagai istri harus mentaati semua perintah dan ajaran suaminya selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan agama dan norma kehidupan berumah tangga, ujarnya. Dan didalam menemukan permasalahan dalam rumah tangga agar selalu dimusyawarahkan dengan baik demi kelangsungan kehidupan rumah tangganya apalagi sudah memiliki keturunan, lanjutnya. ini semua selalu dilakukan terhadap catin yang akan melangsungkan pernikahan dengan tujuan untuk mengurangi tingkat perceraian yang sering terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Hal seperti ini juga selalu dihadiri, diawasi pencatatannya dalam rangka mengurangi kesalahan oleh Kepala KUA serta Penghulu dan Penyuluhnya, terutama dalam mengingatkan catin dalam hal cara mendi besar setelah melakukan hubungan suami istri, karna menurut Penyuluh BP-4 90% belum hapal do’a mandi besarnya. (miq olah)

282
Share :

INFORMASI LAINNYA