Seniman dan Budayawan Islam NTB Gelar Orientasi

Senin, 02 Juni 2014 08:54

Seniman dan Budayawan Islam NTB Gelar Orientasi

Mataram Inmas_ seniman dan budayawan islam diharapkan dapat membuat langkah-langkah yang strategis dan meramu gagasan-gagasan penting untuk direalisasikan bersama dalam rangka pembinaan ummat,peningkatan kualitas spiritual dan memajukkan peran serta sebagai bagian dari perubahan dan diharapkan juga selalu mengembangkan serta melestarikan kembali seni budaya islam yang akhir-akhir ini hampir punah. Hal ini ditegaskan ketua panitia penyelenggara orientasi budaya islam H. Muzakkir Hayyi pada acara orientasi tersebut di gedung PSBB MAN 2 Mataram yang di ikuti oleh 40 orang para seniman dan budayawan islam se pulau Lombok.

Sementara itu kepala kanwil kementerian agama NTB H Usman menyatakan seni budaya islam memiliki peran penting dalam pembinaan kualitas umat karena itu perlu terus dikembangkan, mengingat pada saat ini arus globalisasi menempatkan bangsa Indonesia dalam arus perubahan besar yang mempengaruhi segla dimensi kehidupan masyarakat termasuk kehidupan seni dan budaya. Dalam kondisi demikian ucap kakanwil masyarakat muslim Indonesia khususnya NTB tidak boleh tercabut dari akar historis baik dri aspek agama,social,politik,ekonomi maupun kultur.

Tanpa menafikan pengaruh budaya yang tambah H Usman kebudayaan islam merupakan unsure utama pembentuk mozaik kebudayaan nusantara, para mubaligh di masa lalu memanfaatka seni budaya sebagai salah satu media dakwah yang berhasil. Dakwah melalui pendekatan seni dan budaya tetap dibutuhkan dimasa sekarang dan masa depan. “kita sekarang jangan mau terpengaruh dengan budaya barat yang berdampak negative terhadap perkemabngan budaya islam,”ungkapnya.ml

339
Share :

INFORMASI LAINNYA

Kamis, 01 Januari 1970 07:00