PENDIDIKAN DEMORKASI DI MTs NEGERI 3 MATARAM

Sabtu, 16 Agustus 2014 12:30

PENDIDIKAN DEMORKASI DI MTs NEGERI 3 MATARAM

Mataram_Humas — Dalam rangka ikut meramaikan pesta demokrasi pada tahun pemilu ini, MTs N 3 Mataram pun ikut melakukan pendidikan demokrasi dengan menggelar Pemilihan Pengurus OSIS (PEMILOS).

Uniknya, pemungutan suara diadakan mirip pemungutan suara dalam pemilihan kepala Negara sebagaimana yang sedang ramai dibicarakan. Kemiripan proses demokrasi di MTs N 3 Mataram dengan proses pemilihan umum di Indonesia terlihat dari tahapan yang dilakukan dalam PEMILOS.

Tahapan pertama, masing-masing kelas mengusulkan calon yang akan diusung sebagai calon Ketua OSIS. Calon-calon yang disulkan ini kemudian diseleksi kemampuannya oleh KPO (Komisi Pemilihan Osis) MTs. Negeri 3 Mataram. Dari belasan calon yang diseleksi, terpilih 5 calon dari perwakilan kelas VIII.

Tahapan kedua, orasi dan kampanye yang dilakukan di depan bapak/ibu guru dan siswa/siswi MTs. Negeri 3 Mataram. Kelima calon ini menyampaikan Visi dan Misi kepada calon pemilih sehingga calon pemilih dapat menetukan pilihanya masing-masing. Tahapan Ketiga, Pemilihan yang dilaksanakan pada 11 Agustus 2014. Pada tahapan ini, semua civitas akademika MTs N 3 Mataram (guru, staf TU, dan siswa) menyalurkan suaranya dengan memilih satu dari lima calon. Tahapan Keempat, penghitungan suara. Penghitungan ini langsung disaksikan oleh pemilih yang dimenangkan oleh Sri Wahyuni, dari kelas VIII/A.

“Pemilihan tahun ini jauh berbeda dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya, karena tahun ini kita langsung mencoblos kertas suara seperti pemilihan presiden. Kalau tahun lalu kita menuliskan nama calon peserta,” tegas Fitria Anwar, siswa Kelas IX.

“Dalam kegiatan ini, diharapkan anak-anak merasakan bagaimana suasana pemilihan caleg ataupun presiden yang sedang berlangsung di negara kita, yang secara tidak langsung menjadi pembelajaran demokrasi bagi mereka dan memahami tahapan-tahapan demokrasi,” ungkap L. Hirwandi, Pembina OSIS. (Ahyani)

252
Share :

INFORMASI LAINNYA