Sosialisasi HIV AIDS Digelar di MAN 1 Sumbawa

Jumat, 26 September 2014 10:02

Sosialisasi HIV AIDS Digelar di MAN 1 Sumbawa

Sumbawa Besar, 26 September 2014,Inmas MAN 1 SUMBAWA, Pada hari Sabtu,30 Agustus 2014 dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dari Puskesman Seketeng Sumbawa Besar kepada masing siswa-siswi dari pengisian kuisioner biodata lalu dilaksanakan pemeriksaan satu persatu siswa-siswi, penimbangan berat badan, tensi darah, pemeriksaan gigi dll yang didampingi petugas Puskesmas Seketeng Sumbawa Besar sebanyak 5 orang , guna untuk mengetahui sejauh mana penyakit yang diderita oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa. Dan pada hari Rabu,23 September 2014 juga sosialisasi virus HIV dari Puskesmas Seketeng yang diikuti oleh perwakilan siswa siswi kelas X,XI dan XII yang disampaikan oleh dokter Mety Ariyatmi. Dokter muda yang enerjik ini adalah Alumni Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa ).

Dalam sosialisasi tersebut siswi siwi sangat antusias menerima penjelasan yang dapat menambah wawasan tentang apa dan bagimana virus HIV antara lain penyebabnya hubungan sex bebas yang dapat menyebabkan penyakit kelamin dan penyakit yang lain , dan bagaimana cara pencegahannya. Gejala gejala penyakit HIV AIDS adalah Demam tinggi berkepanjangan, mengalami diare yang kronis (diare yang tidak dikethui penyebabnya ), penderita akan kehilangan berat badan tubuh hingga 10 % dibawah normal, batuk berkepanjangan / kronos, Infeksi jamur pada mulut, pembengkakan kelenjar getah bening.

Seseorang yang terkena atau terinfeksi HIV AIDS system kekebalan tubuhnya akan menurun karena Karena virus Aids menyerang menyerang system kekebalan (imunitas ) tubuh manusia ,sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan bakteri/virus yang masuk sehingga mudah terkena infeksi ,dengan kata lain , kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan defisiensi (kekurangan) system imun. HIV merupakan penyakit menakutkan, ini salah satu penyebab kematian di Negara berkembang di Negara maju Penularan HIV AIDS melalui hubungan seks bebas, oral sex, hubungan sex melalui anus , transfusi darah, penggunaan jarum suntik yang bergantian terutama pada pengguna narkoba, ibu yang terinfeksi HIV AIDS kepada bayinya bisa saat hamil dan menyusui, sedangkan cara pencegahanya jangan melakukan hubungan seksual diluar nikah, jangan berganti ganti pasangan seksual, menggunakan kondom pada penderita yang berisiko tinggi misal PSK. Selesai penyajian juga disampaikan Tanya jawab dengan siswa-siswi…….jk…………….

292
Share :

INFORMASI LAINNYA