MAN 1 Sumbawa Ikuti Pawai Seni Budaya Festival Moyo 2014

Selasa, 30 September 2014 08:30

MAN 1 Sumbawa Ikuti Pawai Seni Budaya Festival Moyo 2014

Sumbawa – Humas – Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa mengambil bagian dalam Lomba Pawai Budaya dalam rangka Festival Moyo 2014, Kepala MAN 1 Sumbawa Drs. Muhammad Nasir.T,M.Pd juga ikut dalam barisan pawai didampingi Wakamad Humas, Wakamad Kesiswaan dan Bapak/Ibu guru dan Tata usaha serta siswa-siswi MAN 1 Sumbawa.

Pelepasan oleh Bupati Sumbawa dari Pendopo Kabupaten yang dihadiri pula wakil Bupati Sumbawa serta pejabat Pemda Kabupaten Sumbawa serta panitia kegiatan dan finishnya di Lapangan Sepak Bola Pragas, dalam atraksi sepanjang jalan rute dalam perjalanan menyajikan beberapa atraksi dengan tema yang disajikan MAN 1 Sumbawa adat Sumbawa “NYORONG DAN BARODAK” , NYORONG adalah : merupakan suatu rangkaian acara dalam prosesi perkawinan adat Samawa dimana keluarga pihak calon mempelai pria akan membawa hantaran berupa barang barang kerumah calon wanita. Barang barang ini sudah menjadi kesepakatan kedua belah pihak dalam acara basaputis sebelumnya, upacara nyorong merupakan wujud dari saling meringankan beban sekaligus untuk menghadapi akad nikah dan tokal basai (resepsi pernikahan ).

Upacara nyorong ini juga dapat menjadi perekat hubungan antara kedua keluarga besar yang akan dipersatukan,sedangkan BARODAK : merupakan prosesi yang dilakukan sebelum akad nikah ,kedua calon pengantin dilulur dengan ramuan tradisional samawa disebut “odak “hal ini bertujuan agar kedua calon mempelai nampak bugar dan berseri seri pada saat upacara akad nikah dan tokal basai (resepsi pernikahan). Dalam barodak juga dirangkaikan dengan mengecat kuku calon pengantin dengan menggunakan ramuan daun pan car yang disebut dengan “Rapancar”, dan berbalas pantun………(jk)…………….

238
Share :

INFORMASI LAINNYA