Penggunaan Dana BOS Harus Transparan, Akuntabel, Efektif dan Efisien

Selasa, 11 November 2014 17:25

Penggunaan Dana BOS Harus Transparan, Akuntabel, Efektif dan Efisien

Gerung Inmas, 11/11_Hj. Mislahah selaku Ketua Kelompok Tim Monev Dana BOS 2014 dalam arahannya mengatakan bahwa "pendidikan mendapat perhatian yang tinggi dari pemerintah sesuai dengan peraturan pemerintah yang bertujuan umum dana BOS untuk meringankan beban masyarakat dalam wajib belajar sembilan tahun" ungkapnya. Dana Bos ini dikucurkan dari APBN untuk itu dari segi pengadministrasian, pelaporan dan peruntukan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Monev Dana BOS kali ini adalah merupakan putaran kedua dari rencana satu minggu dengan masing-masing kelompok akan memeriksa 20 Madrasah, putaran kedua ini dimulai pemeriksaan dan pengevaluasian dana BOS dari MTs Ainul Ibad NW Desa Jembatan Kembar Timur Kecamatan Lembar dengan jumlah siswa 37 orang, yang baru berjalan selama 4 tahun ini di lingkungan kondisi masyarakatnya kurang mengenal dunia pendidikan.

Hj. Mislahah melanjutkan asas yang digunakan dalam penggunaan dana BOS yaitu pertama tertib administrasi, yaitu harus dapat dipertanggungjawabkan. Oleh sebab itu ia mengatakan satu rupiah pun penggunaannya harus dapat dipertanggung jawabkan. Seperti diketahui dari kanwil sampai satker paling kecil harus mendukung program kemenag dalam pelaporan keuangan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).kedua yaitu adanya transparasi (keterbukaan), karena saat ini sudah tidak ada yang dapat ditutupi di era keterbukaan informasi, maka harus adanya transparansi penggunaan dana tersebut. Ketiga lanjutnya dana tersebut dapat diukur dan dipertanggungjawabkan. Terakhir dana BOS dalam penggunaannya harus tepat sasaran dan sesuai dengan prioritas.

Setelah pemeriksaan dan pengevaluasian dana BOS pada MTs Ainul Ibad NW Jembatan Kembar Timur, tim melanjutkan perjalanannya menuju ke MI Al-Azimyah Puyuhan Lembar dengan jumlah siswanya sebanyak 156 orang di tahun ajaran 2014/2015 ini. (miq olah)

155
Share :

INFORMASI LAINNYA