Apresiasi Kerukunan Hidup Beragama Untuk NTB

Kamis, 05 Maret 2015 08:49

Apresiasi Kerukunan Hidup Beragama Untuk NTB

Mataram, Inmas_ Menindak lanjuti hasil Rapat Kerja Komite III dengan Menteri Agama RI Tanggal 22 Januari 2015, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Utusan NTB, Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi, SH menyambangi Kanwil Kemenag NTB. Kunjungan dimaksud sekaligus mengagendakan rapat kerja daerah dengan Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI dan PHDI Provinsi NTB. Pada acara yang dimulai pukul 09.00 wita (4/3/2015) ini dihadiri pemuka masyarakat hindu dan elemen masyarakat terkait.

Hj. Baiq Diyah dalam poin sambutannya di ruang rapat pertemuan Kanwil NTB, mengapreasiasi perhatian Kementerian Agama terhadap kerukunan umat. Dikatakan bahwa RUU Perlindungan Umat Beragama, meskipun belum disahkan menjadi UU, merupakan terobosan yang sangat baik dalam isu keberlangsungan hidup bermasyarakat. Dihadapan Kakanwil dan segenap pejabat eselon III, Baiq Diyah juga sampaikan dukungan atas kinerja Kemenag membangun rumah ibadah, masjid, gereja, pura dan vihara di seluruh pelosok tanah air. Ia yang juga didampingi Dirjen Bimas Hindu, juga menyatakan ini adalah bagian dari indahnya kebersamaan.

Dirjen Bimas Hindu dalam pemaparannya mengungkapkan wujud kerukunan beragama yang berlangsung di Indonesia merupakan buah keberagaman atas selogan Bhineka Tunggal Ika. Sebagai negara, lanjutnya, ia bersyukur bahwa indonesia termasuk negara yang sangat rukun di dunia. Umumnya kebanyakan dari minoritas dalam keadaan sulit atau dipojokkan, namun di indonesia berbeda, sangat rukun satu sama lain.

Selain itu, Dirjen meminta kepada masyarakat hindu untuk meningkatkan teologi sosial dalam menjalankan agama, mengadakan pembinaan lebih intensif, serta meningkatkan kerukunan internal dan eksternal umat beragama. Disisi lain, disampaikan juga adanya kendala kecilnya anggaran di tubuh Dirjen Bimas Hindu sendiri. Anggaran ini dinilai belum cukup maksimal untuk mengcover seluruh rencana program yang ada, seperti rehabilitasi pembangunan Parisade, dan anggaran lain Bimas Hindu, termasuk untuk NTB sendiri.amr

284
Share :

INFORMASI LAINNYA