Sarana Pendukung Informasi Haji Harus Tetap Baik

Senin, 07 Desember 2015 14:49

Sarana Pendukung Informasi Haji Harus Tetap Baik

Mataram INMAS,_Kementerian Agama dalam melayani masyarakat harus tetap stanby baik Sumber Daya Manusia (SDM) nya maupun sarana dan prasarana pendukung seperti dalam melayani masyarakat atau calon jamaah haji, dimana sarana pendukung sangat berfungsi sekali seperti aplikasi dan database, dalam pengelolaan data jamaah haji untuk layanan haji diupayakan tetap dalam keadaan baik.

Hal tersebut diatas disampaikan oleh Nara Sumber Workshop Pengelola Sistem Informasi Haji Kementerian Agama Republik Indonesia pada acara workshop pengelola system informasi haji Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2015 pada hari Senin, 7 Desember 2015 didepan 40 (empat puluh) peserta workshop se Nusa Tenggara Barat yang terdiri dari Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah dan Operator Siskohat yang ada di Kemenag Kabupaten/Kota se Nusa Tenggara Barat.

Menurut nara sumber bahwa penggunaan dua system Siskohat yaitu Kankemenag Online dan Siskohat Gen-2 pada intinya sama namun pada Siskohat Gen-2 ini lebih praktis karena salah satunya dapat menggunakan PC maupun Laptop, Sistem Siskohat Gen-2 lebih baik karena dapat Digunakan bila perangkat atau jaringan KKO mengalami masalah, Alamat akses http://10.100.88.48/SISKOHAT, pada beberapa Kankemenag, akses tidak dapat dilakukan dari PC secara langsung. Harus dilakukan modifikasi konfigurasi jaringan, Akses dapat juga dilakukan melalui VPN-SSL (Internet) dan Dapat mencetak SPPH dengan foto dan sidik jari (maks 600 KB).

Yang perlu diperhatikan oleh Operator Siskohat bagi calon jamaah haji yang akan mendapterkan diri adalah nama di SPPH dan Buku Tabungannya harus sama, demikian juga dalam pengambilan gambar wajah harus benar-benar memperhatikan pencahayaan, posisi pengambilan gambar wajah dan banyak hal lainnya.

Bagi Operator Siskohat yang ada di Kemenag Kabupaten/Kota diharapkan untuk dapat membuat laporan kegiatannya setiap hari dengan maksud agar dalam pengontrolannya dapat dilakukan dimana saja, dan setiap pendaftaran di hari tersebut dapat dipindahkan ke exel dan disimpan ditempat yang mudah untuk diketemukan apabila data tersebut diperlukan. (miq olah)

421
Share :

INFORMASI LAINNYA