AL-QUR’AN DAN RANCANG BANGUN MASA DEPAN PERADABAN MANUSIA

Senin, 28 Maret 2016 13:10

AL-QUR’AN DAN RANCANG BANGUN MASA DEPAN PERADABAN MANUSIA

Kegatan MTQ Kecamatan Sumbawa Ke XXX tahun 2016 yang diselenggarakan dari tanggal 25 s/d 29 Maret 2016 dan dibawah ini adalah materi yang disampaikan siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa dalam lomba Syarhil Qur’an pada MTQ Tingkat Kecamatan Sumbawa yang mewakili Kelurahan Umasima atas nama Redina Restu Hapsari Djoko Pitoyo sebagai Pensyarahan, Erni Kusuma sebagai penterjemah dan Anugerah Imanta sebagai Tilawah yang kegiatannya dipusatkan di SMA Islam Sumbawa Besar.

AL-QUR’AN DAN RANCANG BANGUN MASA DEPAN PERADABAN MANUSIA أَعُوْذُبِاللَّهِمِنَالشَّيْطَانِالرَّجِيمِِْ بسماللهالرحمنالرحيم وَأَنْزَلْنَاإِلَيْكَالْكِتَابَبِالْحَقِّمُصَدِّقًالِمَابَيْنَيَدَيْهِمِنَالْكِتَابِوَمُهَيْمِنًاعَلَيْهِفَاحْكُمْبَيْنَهُمْبِمَاأَنْزَلَاللَّهُوَلاتَتَّبِعْأَهْوَاءَهُمْعَمَّاجَاءَكَمِنَالْحَقِّلِكُلٍّجَعَلْنَامِنْكُمْشِرْعَةًوَمِنْهَاجًاوَلَوْشَاءَاللَّهُلَجَعَلَكُمْأُمَّةًوَاحِدَةًوَلَكِنْلِيَبْلُوَكُمْفِيمَاآتَاكُمْفَاسْتَبِقُواالْخَيْرَاتِإِلَىاللَّهِمَرْجِعُكُمْجَمِيعًافَيُنَبِّئُكُمْ(Q.S Al Maidah : 48)بِمَاكُنْتُمْفِيهِتَخْتَلِفُونَ

Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa – apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan batu ujian terhadapkitab kitab yang lain itu, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu.

Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telahkamu perselisihkan itu (QS. Al-Maidah: 48) السَّلاَمُعَلَيْكُمْوَرَحْمَةُاللهِوَبَرَكَاتُهُ

Puja dan puji sukur kehadirat Allah yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya sehingga kita dapat hadir ditempat yang berbahagia ini.

Shalawat dan salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Allah Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam gelap gulita ke alam yang terangbenderang yakni addinul islam.

Ayat tersebut mengisaratkan kepada kita bahwa Al-Quran laksana lampu penerang hati yang mampu menembus lika-liku perjuangan yang membentang. Al-Qur’an laksana benteng yang kokoh yang dapat mengkaunter kita dari godaan setan yang ingin menjerumuskan kita pada jurang kesesatan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bacalah dan kajilah Al-Quran karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai penolong Maka pada kesempatan kali ini ijinkanlah kami membahas tentang AL-QURAN DAN RANCANG BANGUN MASA DEPAN PERADABAN MANUSIA,

dengan rujukan surat yunus ayat 57: Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Yang mrnjadi pertanyaannya sekarang ialah, adakah fungsi Al-Quran dalam merancang bangun peradaban manusia? Ayat tadi sebagaimana ditafsirkan oleh Imam Ali Ash-Shabuni dalam Shafwatut Tafasir, menjelaskan ada empat fungsi diturunkannya Al-Quran yaitu: Pertama, Al-Quran sebagai pelajaran dari Tuhan yang Maha pengajar.

Sebagai bukti bukankah karena Al-Quran diturunkan dengan menggunakan bahasa arab telah mendorong lahirnya ilmu tata bahasa, retorika dan sastra. Bukankah karena Al-Quran menceritakan proses penciptaan manusia dan alam telah mendorong lahirnya ilmu kehidupan yang kemudian kita kenal dengan biologi, Dengan demikian hadirin seluruh ilmu pengetahuan itu bersumber dari Al-Quran.

Kedua, Al-Quran sebagai obat penyakit bathin seperti penyakit syirik, ragu dan bodoh. Kenapa Al-Quran berfungsi sebagai obat penyakit bathin bukan penyakit zhahir? Jawabannya hadirin penyakit seperti penyakit asma, jantung, tumor memamng berbahaya dan dapat merusak tubuh manusia, tapi penyakit sombong, iri hati, dengki, frustasi, korupsi, haus kursi, menghalalkan segala cara untuk mendapatkan jabatan dan popularitas diri jauh lebih berbahaya dan dapat merusak tatanan hidup masyarakat dan bangsa.

Oleh karena itu hadirin, Al-Quran turun dengan memberikan perintah dan larangan, janji dan ancaman. Dengan mengamalkan Al-Quran Insya Allah segala penyakit hati akan terkikis habis dari diri kita.

Ketiga, Al-Quran berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia dari kesesatan. Al-quran diturunkan Allah untuk memberikan petunjuk kepada manusia, membimbing dan membawanya kepada keselamatan baik di dunia maupun di akhirat.

Seorang pejabat kalau sudah menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk hidupnya dia tidak akan berbuat korupsi meskipun rakyat tidak tahu, seorang pedagang kalau sudah menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk hidupnya dia tidak akan curang mengurangi timbangan meskipun pembeli tidak mengerti.

Demikian pula seorang pemuda dan pemudi yang sedang asyik memadu kasih kalau sudah menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk hidupnya dia tidak akan berbuat kemaksiatan Keempat, Al-Quran berfungsi sebagai rahmat bagi insan nan beriman. Artinya kalau Al-Quran sudah kita baca isinya, dipahami ajarannya serta diamalkan petunjuknya maka ia akan menciptakan ketenangan bagi kita, jauh dari rasa resah dan gelisah, serta mampu menghantarkan kita kepada kebahagiaan baik dunia maupun di akhirat.

Barangsiapa yang menjadikan Al-Quran sebagai imamnya, maka ia akan membawanya kepada surga, sebaliknya barangsiapa yang menjadikan makmumnya maka akan mendorongnya ke jurang api neraka Sejarahpun telah membuktikan bahwa kehadiran Al-Quran telah mampu menyapu bersih seluruh jazirah arab dari penyembah berhala, batu dan kayu dan digantikan oleh ajaran yang paling rsional yaitu islam dimna Al-Quranlah sebagai petunjuknya.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Araf ayat 96: وَلَوْأَنَّأَهْلَالْقُرَىٰآمَنُواوَاتَّقَوْالَفَتَحْنَاعَلَيْهِمْبَرَكَاتٍمِنَالسَّمَاءِوَالْأَرْضِوَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ “ Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.”

Hadirin wal hadirat Rahimakumullah Dari uraian ini dapat disimpulkan bahwa Al-Quran merupakan firman Allah SWT yang berfungsi sebagai pelajaran, obat, petunjuk dan rahmat dalam merancang bangun peradaban manusia untuk menggapai kebahagiaan baik di dunia, terlebih lagi di akhirat.

Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan yang bahagia ini,mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan karena kesempurnaan hanya milik Allah semata….joko…..

3840
Share :

INFORMASI LAINNYA