Kasubag TU Kemenag Lombok Tengah : Tanamkan Prinsip Kuat Untuk Menolak Gratifikasi Dalam Bentuk Apapun

Senin, 16 Mei 2016 22:02

Kasubag TU Kemenag Lombok Tengah : Tanamkan Prinsip Kuat Untuk Menolak Gratifikasi Dalam Bentuk Apapun

Praya,Inmas _ Rangkaian koordinasi di KUA diterapkan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Lombok Tengah dengan berbagai cara. Salah satunya adanya dengan turun ke KUA untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Dan Administrasi Nikah Rujuk ke KUA Praya Tengah, Senin, 16/05/2016.

Dalam monev tersebut, Kasubag TU Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah yang juga menjadi Ketua Tim I Monev, Drs. H. Hariyadi Iskandar menyempatkan diri menjalin silaturahim dengan beberapa Kepala Dusun yang ada di KUA kecamatan Praya Tengah yang secara kebetulan juga berada di KUA Praya Tengah mengikuti prosesi pernikahan yang dilaksanakan di Balai Nikah KUA Kec. Praya Tengah. Menurut Haryadi Iskandar bahwa perlu adanya penanaman pemahaman yang menyeluruh dalam masyarakat agar menghentikan tradisi pemberian uang atau barang dalam pelaksanaan pernikahan dan rujuk. Nikah di luar KUA dan di luar jam kerja harus bayar RP. 600 ribu sebagai biaya resmi yang masuk PNBP ( Penerimaan Negara Bukan Pajak)  sedangkan kalau pernikahan dilaksanakan di Kantor dan pada jam kerja maka tidak dibebankan biaya sama sekali alias gratis. Jika masyarakat menemukan ada petugas KUA yang masih menerima atau bahkan meminta gratifikasi dapat langsung melaporkannya, ujar Hariyadi Iskandar.

Di lain waktu, Ketua Tim juga melaksanakan pembinaan intern dengan seluruh jajaran KUA Kecamatan Praya Tengah. Seluruh jajaran KUA harus bisa menanamkan prinsip yang kuat untuk bisa dan mau menolak gratifikasi dalam bentuk apapun. Karena Negara sudah memberikan banyak kelebihan nikmat kepada seluruh pegawai di Kementerian Agama RI berupa tunjangan kinerja, Lebih lagi bagi penghulu diberikannya lagi pengembalian PNBP ke rekening masing-masing berdasarkan aturan yang ada. Jadi tingkatkan terus pelayanan masyarakat, karena KUA adalah garda terdepan Kementerian Agama dan jagalah nama baik instansi kita, ujar Kasubag TU Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah.(Ins Cancer)

242
Share :

INFORMASI LAINNYA

untuk di renungkan
Selasa, 17 Mei 2016 07:58