SETDA MELEPAS PESERTA PAWAI TA’ARRUF STQ KE - 1 TINGKAT KABUPATEN LOMBOK UTARA

Rabu, 25 Mei 2016 13:53

SETDA MELEPAS  PESERTA PAWAI  TA’ARRUF   STQ  KE - 1  TINGKAT  KABUPATEN LOMBOK UTARA

Tanjung, Setda Kab. Lombok Utara Drs. H. Suardi, MH melepas peserta Pawai Ta’arrup menyambut Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Kab. Lombok Utara Ke – I ( Satu ) Tahun 2016 di Lapangan Tioq Tata Tunaq Tanjung , Rabu (25/5/2016). STQ yang diselenggarakan 25 hingga 27 Mei 2016 itu untuk menghadapi even Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Mataram Nusa Tenggara Barat.

Seleksi kali ini melibatkan Lima Kecamatan di Kab. Lombok Utara Seleksi itu akan memperlombakan tiga cabang, yaitu tilawah, hafalan Al-qur’an dan tafsir Al-Qur’an. Setiap Kecamatan mengirimkan hakim penilai yang akan menentukan pemenang utuk dikirim ke even Nasional. Dalam sambutannya, Pak Setda menyatakan, dengan penyelenggaraan STQ ini umat Islam mampu mawas diri dan mengendalikan diri dengan memegang teguh ajaran Al-qur’an. Karena, menurutnya, pengalaman membuktikan betapa menyedihkan tingkah laku umat manusia yang tidak berpedoman pada nilai-nilai moral agama, termasuk bagi umat Islam. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam ajaran Al-Qur’an dapat dijadikan sebagai landasan etika, moral dan spiritual yang kukuh.

Selanjutnya Ketua Pelaksanaan STQ Ke- I di KLU ini mengatakan bahwa STQ berbeda dengan MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an). Jika MTQ diselenggarakan tiga tahun sekali dan untuk ajang perlombaan nasional, sedangkan STQ diselenggarakan setiap tahun untuk mempersiapkan peserta lomba MTQ Nasional. Ia juga mengatakan, STQ yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1978 mengalami peningkatan setiap tahunnya, baik jumlah maupun kualitas peserta. ”Untuk tahun ini kami menyelenggarakan orientasi dewan hakim tilawah agar ada persamaan persepsi dalam menilai,” ucapnya yang ditemui seusai acara pembukaan.

Mengenai persiapan sendiri, salah seorang Panitia mengaku pihaknya mempunyai waktu hanya sekitar satu setengah bulan. Namun begitu, STQ yang sudah diagendakan sejak tahun lalu tetap harus dilaksanakan. Pertimbangannya, adalah kondisi pelaksanaan, koordinasi aparat keamanan yang menyatakan bahwa suasana kondusif dan pemberitahuan seleksi ke Kecamatan yang sudah dikirim jauh hari sebelum pelaksanaan. Selain antusiasme dari Masyarakat, dilaporkan juga bahwa undangan STQ sudah disampaikan ke pihak Kementerian Agama Kabupaten / kota Ke- Kecamatan, KUA , oleh karena itu diharapkan nantinya untuk pelaksanaan STQ walaupun persiapannya terbatas, namun dapat menjadi suatu doa agar kedepan menjadi lebih baik dan tetap utuh dalam Negara Kesatua Republik Indonesia. ( H. Sapiuddin )

158
Share :

INFORMASI LAINNYA