MENDULANG BAROKAH RAMADHAN DENGAN MEMPERKAYA AKTIVITAS MULIA

Senin, 20 Juni 2016 22:30

MENDULANG BAROKAH RAMADHAN  DENGAN MEMPERKAYA AKTIVITAS MULIA

Timpub MANDA _ Setiap hari, sejak hari kedua masuk sekolah 09/06/2016 sampai saat ini tanggal 20/06/2016 dan seterusnya nanti menjelang libur, para siswa-siswi dan guru-karyawan MAN 2 Mataram mendulang Nilai Barokah Ramadhan untuk melakukan berbagai aktivitas yang mulia di pandangan Allah. Para siswa-siswi dan wali kelas setiap hari sejak jam 08.00 di masing masing kelas melakukan tadarrus dalam program Menamatkan Quran. Di dalam kelas para siswa-siswi membentuk kelompok tadarrus membaca Quran dan saling meluruskan atas kesalahan bacaan yang kurang tepat. Usai melakukan tadaruus di kelas, program dilanjutkan di Musalla bersama semua guru dan karyawan untuk mendengar tausyiah atau siraman rohani dalam ceramah. Usai ceramah, kegiatan dilajutkan dengan lomba Khutbah Jumat yang setiap hari ditentukan dua kelas. Sementara untuk lomba Tahfizd dan Syarhil Quran dijadwalkan dalam waktu yang bergilir, sehingga selama waktu masuk sekolah dalam bulan Ramadhan penuh dengan aktivitas yang bernilai ibadah dan mulia.

Pada tanggal 20/06/2016, ceramah Ramadhan dibawakan oleh Ustad Subhan, S.Pd., M.Pd. dimana salah satu nilai hukum yang diungkapkan adalah tentang larangan dan kewajiban. Ditegaskan, bahwa hal yang bersifat larangan atau hal yang haram harus dengan segala upaya untuk ditinggalkan, sedangkan hal yang wajib dilakukan sesuai dengan batas kemampuan diri setiap manusia.

Selain kegiatan amalan rohani di atas, dalam hari yang sama, tanggal 20/06/2016, semarak Ramadhan dimeriahkan juga dengan kegiatan pameran seni rupa siswa-siswi dari hasil proses pembelajaran. Kegiatan pameran seni rupa siswa-siswi tersebut didampingi oleh guru mata pelajaran Seni Budaya Haris Hermana, S.Pd., M.Sn. Secara resmi kegiatn tersebut dibuka oleh Kepala Madrasah Drs. L. Syauki di salah satu ruang kelas yang telah didesain sebagai ruang pameran. Mataram, 20 Juni 2016 (Usup, Fahru, Meci)

254

INFORMASI LAINNYA