KANWIL KEMENAG NTB GELAR SAFARI KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI KAB.DOMPU

Minggu, 17 Juli 2016 09:53

KANWIL KEMENAG NTB GELAR SAFARI KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI KAB.DOMPU

Dompu Inmas_ Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan kegiatan Safari Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Dompu. Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Kemenag Kabupaten Dompu itu dihadiri oleh perwakilan para tokoh agama se Kabupaten Dompu. Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin juga menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Bupati menjelaskan kehidupan beragama di Kabupaten Dompu cukup kondusif. Hal tersebut didorong oleh pertumbuhan perekonomian masyarakat Dompu yang semakin mengalami peningkatan terutama dengan keberhasilan program jagung.“Kerentanan pangan masyarakat Kabupaten Dompu terendah di NTB atau dengan kata lain ketahanan pangan masyarakat Dompu tertinggi di NTB,” jelas HBY.

Bukti lain peningkatan perekonomian masyarakat adalah semakin banyak petani jagung yang menyetorkan Ongkos Naik Haji (ONH) dari tahun ke tahun sehingga mengakibatkan bertambah panjangnya antrean calon jamaah haji yang berada dalam daftar tunggu. “Kuota haji kabupaten Dompu mohon ditambah,“usul Bupati.

Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi NTB, Drs. H. Syahdan Ilyas menjelaskan bahwa kerukunan umat beragama adalah kebutuhan penting yang harus terwujud agar pembangunan di segala aspek bisa berjalan dengan lancar. Karena itu Syahdan mengharapkan kepada segenap umat beragama untuk menjaga trikerukunan yaitu kerukunan internal umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan umat beragama dengan pemerintah.

 

Kabag TU Kanwil Kemenag NTB, Drs. H. Sirojuddin yang diwawancarai media ini mengungkapkan kehidupan umat beragama di Provinsi NTB secara umum saat ini dalam keadaan kondusif. “Dalam rapat yang dipimpin oleh Bapak Gubernur sebelum Lebaran lalu semua SKPD dan instansi terkait melaporkan kondisi di semua wilayah, Bapak Gubernur menyimpulkan kerukunan umat beragama di NTB sangat kondusif,” papar Sirojuddin. Namun demikian, lanjutnya semua pihak harus berkomitmen untuk terus mewujudkan kerukunan dan kebersamaan serta tetap menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik.

Safari Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Dompu merupakan rangkaian dari Safari Kerukunan Umat Beragama tahunan Kanwil Kemenag Provinsi NTB yang dilaksanakan di 10 kabupaten/kota se-NTB. “Safari kerukunan umat beragama di Dompu ini adalah yang terakhir dan paling berkesan karena dihadiri langsung oleh Bupati,” kata Kabag TU mengakhiri. (MD02/Ompu Lembo).

282
Share :

INFORMASI LAINNYA