Kantor Urusan Agama Kecamatan Selaparang Melaksanakan Pembinaan Manasik Haji di Masjid Al-Islah Monjok Mataram

Kamis, 21 Juli 2016 07:44

Kantor  Urusan Agama Kecamatan Selaparang Melaksanakan Pembinaan Manasik Haji di Masjid Al-Islah Monjok Mataram

Sebagai kelanjutan kegiatan pembinaan Manasik Haji ditingkat Kemenag Kota Mataram musim haji tahun 2016 M/ 1437 H Senin (18/07/2016)  yang lalu di Masjid Jami’ Al-Muttaqin Cakranegara. KUA kecamatan Selaparang melaksanakan Pembinaan manasik haji untuk JCH se kecamatan Selaparang yang berjumlah sebanyak 80 orang jamaah calon haji. Kegiatan ini akan berlangsung selama 8 (delapan) hari, dari rabu 20 s/d 27 Juli 2016 di Masjid Al-Islah Monjok baru kecamatan Selaparang. Hadir dalam kesempatan itu Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram Drs. H. Burhanul Islam, Camat Selaparang, Kepala KUA Selaparang, Babinsa, Babinkamtibmas kelurahan Monjok dan beberapa tokoh agama dan Masyarakat kelurahan Monjok.

Dalam laporannya ketua panitia pembinaan manasik haji Hj. Maswarah Salman, SAg menyampaikan bahwa kegiatan manasik ini adalah untuk memberikan bimbingan dan pemahaman yang utuh sesuai tuntunan dalam ajaran Islam kepada JCH tentang tata cara melaksanakan ibadah haji.  Sehingga selama kegiatan ini akan menghadirkan narasumber yang kompeten selain dari Kemenag kota Mataram yakni seperti tokoh Agama (Tuan guru, Ustad). Dan pada akhirnya akan memberikan pemahaman yang komprehensif kepada JCH dalam melaksanakan ibadah haji, guna terciptanya jamaah haji yang mandiri dan menjadi haji yang mabrur tegas Penyuluh KUA kecamatan Selaparang ini.

Pada kesempatan yang sama Camat Selaparang juga memberikan himbauan kepada JCH untuk menggunakan kesempatan pembinaan manasik haji ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan  tentang ibadah haji agar dalam pelaksanaannya lancar dan sesuai dengan ketentuan rukun dan wajib haji. “Dan kami dari pemerintah Kecamatan Selaparang beserta Lurah Insyallah akan melakukan pelepasan secara simbolis kepada JCH kecamatan Selaparang pada saat penutupan kegiatan manasik ini tegas bapak Camat yang masih kelihatan muda dan energik ini.

Kemudian Kepala kantor Kemenag Kota Mataram saat membuka kegiatan manasik haji dan memberikan materi yang terkait dengan kebijakan pemerintah tentang Ibadah haji. Beliau banyak membahas secara detail tentang kebijakan pemerintah diantaranya  kebijakan pemerintah sangat pro terhadap jamaah terbukti tehadap setoran BPIH  secara mata uang dolar mengalami penurunan dan terus diperbaiki agar tidak terlalu membebani jamaah. Dan kegiatan manasik ini juga adalah hak para JCH dan kewajiban kami di Kementerian Agama. Para JCH juga akan mendapatkan pemondokan  selama di Makkah setara dengan hotel bintang tiga dan pada waktu akan berangkat dikembalikan dari BPIH yang telah dilunasi living cost sebesar lima juta rupiah kepada masing-masing JCH. Termasuk biaya pemondokan dan catering di Madinah dan Makkah  itu dari dana optimalisasi setoran BPIH JCH yang kalau di kalkulasi secara detail masing-masing jamaah mendapatkan sekitar dua belas juta rupiah tegas H. Burhanul Islam. Jan/ L. Ayub

1587
Share :

INFORMASI LAINNYA

45 Jamaah Wafat di Tanah Suci
Kamis, 04 November 2010 11:00
Persiapan KUA Kec.Gerung
Jumat, 08 April 2016 13:07