Sosialisasi Aplikasi SIMPATIKA Oleh Kabid Penmad

Kamis, 22 September 2016 09:25

Sosialisasi Aplikasi SIMPATIKA Oleh Kabid Penmad

 

Sumbawa Besar, Inmas _ Bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, Jalalussayuthy, SS., M.Pd, melakukan pembinaan dan sosialisasi aplikasi Simpatika bagi para operator sekolah lingkup Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa. Kamis , tanggal 22/09/2016

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa diwakili oleh Kasi Pendidikan Madrasah Mahmud, S.Ag, Dalam kegiatan tersebut Mahmud S.Ag menyampaikan gambaran para peserta yang hadir dalam kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Simpatika tersebut, yaitu dari tingkat RA,MIN/MIS,MTsN/MTsS,MAN/MAS serta Pengawas se Kabupaten Sumbawa sebanyak 250 orang.

Pembinaan tidak hanya terkait aplikasi Simpatika, ada pula pembinaan kurikulum yang disampaikan oleh Kepala Seksi Kurikulum Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, H. Jalaluddin, Kepala Seksi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, H. Misbahul Khair, dan JFU Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, Syukri, S.Ag, M.Pdi.

Dalam sambutan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H.Jalallussayuthi,SS.M.Pd menyampaikan gambaran secara umum yang ada pada kurikulum dan tenaga pendidikan , yang ada kaitanya dengan Simpatika. Hari ini hari yang ke empat dan terakhir ke Kemenag Kab Sumbawa Barat,

Beliau menyampaikan terima kasih kepada Kasi Penmad Kemenag Sumbawa dan Alhamdulillah peserta di Sumbawa paling banyak yang menghadiri acara sosialisasi ini.dari catatan yang hadir dari operator,wakamad kurikulum ,Kamad dan Pengawas,

Sistem yang paling berat dalam pendataan misalnya pelayanan data EMIS, satu satunya aplikasi yang sudah diakui seluruh Kementrian Agama . Apabila salah masukkan data di EMIS maka salahlah data, untuk dana BOS menggunakan data EMIS sebagai dasar pembayaran dana BOS, sifat data ada 3 macam yaitu dapat dipertanggung jawabkan, dipercaya, dan akuntabel.

Disamping itu operator simpatika yang ada di Madrasah, dan terbaru yaitu sistim Aplikasi Simpatika, merupakan barang baru baik guru RA sampai MA dan paling lambat tanggal 30 Juli 2016 harus sudah tuntas.,Kementerian Agama Pusat memberi kelonggaran waktu sampai diundur bulan Desember 2016 data simpatika harus sudah valid.

Pembayaran tunjangan pada bulan dan sertifikasi  Jbulan Januari – Juni masih menggunakan data Manual namun pembayaran tunjangan sertifikasi mulai Juli 2016 menggunakan Simpatika online sesuai surat Dirjen Pendidikan Islam untuk format SKMT (Surat Keterangan Melaksanakan Tugas) dan SKBK (Surat Keterangan Beban Kerja).

Semua jenis pemberian bantuan Pembangunan Gedung dan Rehabilitasi gedung dll kepada Madrasah tidak lagi diberikan secara manual namun sekarang menggunakan SIMPAPRAS secara aplikasi, untuk itu diminta kepada semua kita agar  selalu membuka website Kementerian Agama sehingga  tidak ketinggalan informasi.

Untuk membayar kekurangan impasing kepada seluruh Kemenag se NTB untuk guru non PNS, impasing itu perubahan penghasilan setelah ada SK impasing akan berubah sesuai golongan  dan untuk 2017 akan dibayarkan gaji 0 tahun gaji PNS sampai dengan masa 60 tahun sampai pensiun, dan dipastikan masuk dalam data simpatika, kalau tidak masuk maka tidak akan memperoleh hak-hak sebagai guru.

Bagi guru yang dipekerjakan di Madrasah Swasta bulan Mei-Juli dihentikan sementara tidak menerima tunjangan uang makan, sesuai Surat Edaran Menteri Keuangan no.72 tahun 2016 namun sekarang telah menjadi lega  karena tunjangan uang makan dapat dibayarkan lagi, untuk guru sertifikasi tahun 2015 guru yang telah lulus sertifikasi dapat dibayarkan mulai bulan Januari 2015 . Diharapkan kepada guru yang sudah bersertifikasi  memiiliki 4 metode Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian.Eempat metode inilah yang harus dipegang oleh seorang guru Profesional…(joko).

644

INFORMASI LAINNYA