MAN 1 MATARAM KEMBALI MELAKSANAKAN PROGRAM PKL DAN BENGKEL AKHLAK SISWA

Sabtu, 01 Oktober 2016 08:05

MAN 1 MATARAM KEMBALI MELAKSANAKAN PROGRAM PKL DAN BENGKEL AKHLAK SISWA

Mansa, Inmas _ Mataram (01/10/16) MAN 1 Mataram kembali melepas keberangkatan siswa-siswi untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Hadir dalam acara pelepasan tersebut Kepala Madrasah yang didampingi oleh semua Wakil Kepala Madrasah dan dewan guru pembimbing PKL Siswa MAN 1 Mataram. Kegiatan PKL ini merupakan program Madrasah yang diagendakan untuk kelas XII dengan tujuan agar siswa-siswi menimba ilmu secara langsung di lingkungan masyarakat. Dengan diterjunkan langsung ke Masyarakat diharapkan siswa-siswi memiliki pengalaman yang berbeda dan berkontribusi untuk pengembangan wawasan dan kepribadian ke arah yang lebih positif. Mereka akan menyerap berbagai informasi dan pengalaman secara langsung dengan berbagai dinamikanya di tengah-tengah masyarakat.

Setelah bulan lalu (28/08/2016) kegatan PKL telah diikuti oleh kelas XII IBB di Gili Meno. PKL kali ini diikuti oleh semua siswa-siswi kelas XII IIK dan IIS. Pemberangkatan PKL siswa ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada hari Jum'at kemarin, (30/09/2016) untuk kelas XII IIK yang akan berakhir pada hari Ahad (03/10/2016) besok. Berbarengan dengan PKL kelas XII IIK ini juga dilaksanakan kegiatan pembinaaan Bengkel Akhlaq di lokasi yang sama di Ponpes Nurul Bayan KLU. Kegiatan begkel akhlaq ini merupakan program yang dijadikan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran, serta akhlakul karimah bagi semua peserta. Out put yang diharapkan hadirnya siswa dengan profil siswa yang memiliki jiwa patriotik, kreatif, dan setia kawan serta berakhlaq mulia. Sementara untuk pelepasan PKL siswa kelas XII IIS dilaksanakan hari ini , (01/10/2016) dengan lokasi tujuan di Desa Pijot Tanjung Luar Lombok Timur.

Sebelum diberangkatkan siswa-siswi terlebih dahulu diberikan pengarahan. Mereka berkumpul di lapangan MAN 1 Mataram. Dalam arahannya kepala MAN 1 Mataram Drs. H.M. Syukri M. M.Pd. menyampaikan bahwa “Kegiatan PKL ini harus betul-betul dihayati sebagai kegiatan yang bermakna. PKL bukanlah sarana rekreasi tetapi merupakan sarana belajar. Belajar secara langsung di tengah-tengah masyarakat. Belajar untuk menyerap ilmu di lapangan. Karenanya harus ada hasil konkret yang didapatkan dan dilaporkan secara tertulis”. Selain itu beliau juga berpesan agar seluruh peserta PKL untuk selalu kompak, bersatu, membangun kerjasama yang baik, dan tidak meninggalkan kelompoknya. Siswa-siswi MAN 1 Mataram harus memberikan warna yang berbeda di tengah-tengah masyarakat dengan pesona akhlaq yang tercermin dari perilakunya.

Mengakhiri arahannya kepala Madrasah mengajak seluruh peserta PKL untuk berdoa dan dilanjutkan dengan foto bersama. Setelah itu barulah beliau melepas keberangkatan rombongan PKL siswa-siswi MAN 1 Mataram. Ist.

382

INFORMASI LAINNYA