SISWA MAN 2 KOTA BIMA IKUTI PELATIHAN JURNALISTIK

Selasa, 18 Oktober 2016 08:52

SISWA MAN 2 KOTA BIMA IKUTI PELATIHAN JURNALISTIK

Kota Bima, Inmas _  – Siswa-siswi MAN 2 Kota Bima mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima dengan mengusung tema “Menggenggam Dunia dengan Menulis”. Kegiatan ini dihelat selama 2 hari, Sabtu dan Minggu 15 -16/10/2016 bertempat di Aula MAN 2 Kota Bima.

Kegiatan dibuka oleh Ketua STISIP Mbojo Bima, Drs. Gufran, M.Si dan Kepala MAN 2 Kota Bima, Mansyur, S.Ag. Setelah acara pembukaan, selanjutnya di hari pertama para peserta menerima materi pertama terkait ilmu komunikasi yang disampaikan oleh Aini Annisa, M.Si, Ketua Program studi Ilmu Komunikasi dan Arif Hidayatullah, M.Si, Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi STISIP MBOJO Bima.   

Selanjutnya materi kedua adalah Kiat Menulis dengan pemateri Mar’atus Sholihah, SS, guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di MAN 2 Kota Bima. Alumni Fakultas Sastra Jurusan Sastra Indonesia Universitas Hasanuddin Makassar ini memberikan beberapa motivasi kepada para peserta tentang dunia tulis menulis, seperti: jenis-jenis karya tulis, keuntungan menulis, bagaimana memulai menulis, dan tips mengatasi tulisan yang macet.

Guru yang sudah menghasilkan banyak karya dan berprestasi dalam dunia tulis menulis ini membagi rumus menulis bagi pemula, yaitu rumus   3 S, : Sedikit Demi Sedikit,  Setiap Hari,  Sekarang.  Biasanya kendala yang dihadapi saat menulis adalah kehabisan ide sebagai bahan tulisan, kritikan terhadap ide, dan tidak adanya rasa percaya diri. Awalnya dirinya pun mengaku merasa tak percaya diri, tapi berkat dorongan dari berbagai pihak sehingga memotivasi dirinya untuk lebih sering lagi berkarya. Terbukti beberapa kali menjuarai lomba membaca puisi dan cerpen. Dan yang terbaru berhasil sebagai juara terbaik 1 lomba resensi buku “Legian Kuta” karya N Marewo yang diselenggarakan oleh Bank NTB dan diikuti oleh puluhan guru se NTB. Ia membagi tips syarat menjadi penulis yang berkembang diantaranya adalah suka membaca, dinamis dan fleksibel, mampu memanajemen mood, pantang menyerah, mau belajar dari orang lain serta tak pernah puas  dengan karya yang pernah dihasilkan.

Sementara itu di hari kedua, para peserta menerima materi dengan pemateri Hadi Santoso, ST, MM, dosen STISIP Mbojo Bima dan Sofiyan Asy’ari. Wartawan media lokal: Hadi Santoso menjelaskan penerapan teknologi komunikasi dalam era modernisasi. Sedangkan Sofiyan Asy’ari menjelaskan tentang bagaimana cara menulis sebuah berita dan mempraktekkannya. Setiap peserta dilatih membuat sebuah berita yang baik sesuai kaidah penulisan berita.   Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Kepala MAN 2 Kota Bima dengan menyediakan tempat dan fasilitas untuk pelatihan jurnalistik tersebut. (Nurrosyidah Yusuf)   

 

      

355
Share :

INFORMASI LAINNYA