GURU MAN 2 KOTA BIMA IKUT PELATIHAN PEMBUATAN BLOG

Rabu, 23 November 2016 06:13

GURU MAN 2 KOTA BIMA IKUT PELATIHAN PEMBUATAN BLOG

Kota Bima – Guru MAN 2 Kota Bima mengikuti pelatihan pembuatan blog “SAGUSABLOG” (Satu Guru Satu Blog). Kegiatan yang diselenggarakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Bima dihelat selama 2 hari yakni pada hari Ahad 20/11/2016 dan pada hari Selasa 27/11/2016 mendatang. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas DIKPORA Kota Bima, H. Alwi Yasin, M.AP. Kegiatan pelatihan ini bertempat di Aula SMK Negeri 3 Kota Bima pukul 08.00 – 12.30 wita. Diikuti oleh guru dari berbagai sekolah di kota Bima mulai tingkat PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK.  

Ikatan Guru Indonesia merupakan organisasi profesi guru yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di Indonesia.  Ikatan Guru Indonesia yang memiliki moto “Sharing and growing together” ini kerap menyelenggarakan berbagai pelatihan di seluruh Indonesia.

SAGUSABLOG merupakan salah satu program yang dicanangkan IGI bekerjasama dengan SEAMOLEC yang bertujuan untuk melatih guru agar dapat membuat blog sebagai media pembelajaran dan membudidayakan literasi bagi guru-guru di Indonesia.  

Ada 3 orang guru MAN 2 Kota Bima yang mengikuti SAGUSABLOG IGI Kota Bima yakni Suwaidah, S.Ag, guru bahasa Indonesia, Jumrah, S.Pd, guru Matematika, dan Riana Herlina, S.Pd, guru bahasa Inggris. Jumrah memberikan tanggapan positif setelah mengikuti pelatihan ini. Jumrah mengaku merasa senang karena sudah bisa membuat blog sendiri. “ Saya merasa senang sekali mengikuti pelatihan ini, banyak manfaatnya. Apalagi saat pelatihan langsung mempraktekkan materi yang diberikan”, katanya.

Para peserta yang berjumlah 55 orang guru mata pelajaran yang berbeda-beda tersebut mendapatkan materi yang disampaikan oleh pemateri yang pernah mengikuti pelatihan SAGUSABLOG secara online langsung dari SEAMOLEC Jakarta.  Pemateri SAGUSABLOG IGI Kota Bima terdiri dari 3 orang pelatih, yaitu: Wieduri Yulianti, M.Pd, guru SMKN 3 Kota Bima, Bambang Setiawan, M.Pd, guru SMAN 5 Kota Bima dan Nurrosyidah, S.Pd, guru MAN 2 Kota Bima. Ketiga pemateri ini merupakan pengurus IGI Kota Bima. Mereka telah mengikuti pelatihan SAGUSABLOG SEAMOLEC secara online dengan media pembelajaran video conference (vicon) di Cisco Webex dan Telegram.

SEAMEO SEAMOLEC adalah sebuah institusi yang bernaung dibawah Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di Asia Tenggara. SEAMOLEC berpusat di Indonesia dan bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional, khususnya institusi yang menyelenggarakan PJJ maupun institusi pendukung program.

Saat pelatihan, seluruh peserta sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan. Setiap peserta diharuskan membawa laptop dan modem karena materi akan langsung dipraktekkan oleh setiap peserta. Pembuatan blog memerlukan jaringan internet yang stabil. Materi SAGUSABLOG terdiri dari 6 modul. Setiap modul memuat penjelasan materi secara terperinci sehingga memungkinkan setiap peserta bisa belajar secara mandiri. Jika mengalami kesulitan saat penerapan modul peserta dapat bertanya dan saling berdiskusi di grup WA SAGUSABLOG IGI Kota Bima. Diakhir sesi pelatihan, setiap peserta wajib menunjukkan hasil pelatihan berupa alamat blog yang telah berhasil dibuat dan berhak mendapatkan sertifikat pelatihan SAGUSABLOG. (Nurrosyidah Yusuf)        

234
Share :

INFORMASI LAINNYA