MENDESAIN ACARA PEMBAGIAN RAPOT YANG MEMBANGUN KESAN DAN PESAN

Jumat, 09 Desember 2016 08:58

MENDESAIN ACARA PEMBAGIAN RAPOT  YANG MEMBANGUN KESAN DAN PESAN

Inmas,M2M _  Berbagai bentuk pola pembagian raport telah dilakukan oleh bapak-ibu guru pada setiap akhir semester atau setiap akhir tahun ajaran. Di  sekolah, diawali dengan kegiatan pembagian raport di masing-masing kelas dengan mengundang bapak-ibu wali murid. Selanjutnya masing-masing kelas bersama wali kelas  sebagian besar melakukan kegiatan rekreasi keluar madrasah.

Disamping beberapa bentuk kegiatan akhir semester yang dipaparkan di atas, ada juga bentuk event yang telah berjalan selama 2 tahun yang dikembangkan di program Keagamaan yang digagas oleh H. Fitrianto Wahyudi Harjdo, S.HI, M.Pd. I. yang diberi nama Pentas Muhadarah di akhir semester gasal dan Pentas Masrohiyah pada akhir semester genap . Kegiatan ini selalu dihadiri oleh bapak-ibu wali murid/wali santri dan santriwati. Dua bentuk atau model kegiatan tersebut sangat bagus yang dapat membangun kesan dan pesan bagi peserta didik maupun bagi orang tua atau wali.

Berangkat dari dua model event tersebut, maka digagas oleh tim di jajaran Waka, Kepala, dan Kepala TU  untuk merancang sebuah event pembagian raport yang dapat membangun kesan dan pesan bagi peserta didik, wali murid dan  para guru. Kesan yang dimaksudkan adalah terwujudnya kebahagiaan, kegembiraan bagi siswa-siswi yang memperoleh penghargaan atas prestasi yang didampingi orang  tua. Demikian juga akan disuguhkan berbagai pertunjukan yang dapat menghibur semua warga Madrasah yang hadir pada saat kegiatan tersebut. Sementara membangun pesan maksudnya adalah dapat menjadi catatan, baik bagi siswa-siswa yang berprestasi beserta orang tuanya untuk terus memacu diri untuk lebih meningkat lagi prestasinya. Demikian juga bagi yang belum berprestasi akan dapat membangun motivasi dalam dirinya untuk mengejar ketertinggalan, sehingga bisa berprestasi dan memperoleh penghargaan di momentum yang  bagus tersebut.

Lebih lanjut pada momentum tersebut akan diberikan juga penghargaan kepada para siswa-siswi yang berprestasi, baik bidang akademik maupun non akademik atau ekstrakurikuler dengan mengacu pada beberapa kriteria. Bagi para bapak-ibu guru pun akan diberikan penghargaan bagi yang berprestasi. Kegiatan tersebut juga dimaksudkan sebagai ajang evaluasi kegiatan selama kurun waktu satu semester, ungkap Kepala Madrasah   Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd. di ujung  pembicaraan materi acara bersama para wakil kepala. Kegiatan rapat untuk membahas model acara pembagian rapat tersebut berlangsung di ruang Kepala pada tanggal 6 November 2016.

Mataram, 9 November 2016

 

 

       

2469
Share :

INFORMASI LAINNYA

Sosialisasi DIPA/RKA-KL Tahun 2011
Kamis, 10 Februari 2011 12:00
Polres Sumbawa Penyuluhan Patuh Lalu Lintas
Selasa, 17 Februari 2015 21:14