Melalui Muhadarah Siswa MTsN Jonggat Bisa Bicara Dihadapan Orang Banyak

Minggu, 25 Desember 2016 21:37

Melalui Muhadarah Siswa MTsN Jonggat Bisa Bicara Dihadapan Orang Banyak

Praya_Inmas, Predikat madrasah berprestasi saat ini menjadi harapan dan cita-cita yang ingin dilekatkan pada MTs.N Jonggat ke depannya. Untuk mewujudkan harapan dan cita-cita tersebut, banyak upaya yang sedang digalakkan Salah satunya adalah kegiatan Muhadharah yang bertujuan untuk melatih kemampuan dan keberanian siswa/siswi MTs. Negeri Jonggat untuk berbicara di hadapan orang banyak mengingat keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang tidak kalah pentingnya.

Kegiatan rutinitas MTs. Negeri Jonggat yang dilaksanakan setiap hari kecuali hari Senin dan Jumat ini, diikuti oleh semua siswa dan guru mulai pukul 06.45 – 07.15 WITA di halaman MTs. Negeri Jonggat diisi dengan penampilan siswa/siswi dalam berpidato 3 (tiga) bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris. Semua siswa mulai dari kelas VII s.d IX tanpa terkecuali mendapapatkan giliran berpidato, tentu saja terlibat di dalammya peranan besar dari masing-masing wali kelas dalam memberikan bimbingan yang intensif dengan bantuan-guru-guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Diharapkan nantinya kegiatan ini akan mendorong keberanian dan mental siswa/siswi MTs Negeri Jonggat untuk mampu mengungkapkan gagasan, pikiran, dan idenya secara lisan dan sistematis. Banyak orang yang memiliki ide cemerlang, tetapi menjadi tidak ada artinya karena tidak bisa menyuarakan dan mengungkapkan apa yang menjadi gagasannya secara lisan, meskipun ia memiliki banyak pengetahuan. Hal itu disampaikan oleh Waka Kesiswaan MTs. Negeri Jonggat, Mahsun, S.Pd. MM saat pelaksanaan Muhadharah di halaman MTs. Negeri Jonggat, Sabtu (24/12) 2016.

Dalam kesempatan itu pula Kepala MTs. Negeri Jonggat, H. Kemas Burhan, M.Pd. memberikan beberapa kiat-kiat agar siswa tidak grogi, gelisah, deg-degan, bibir beku, lidah kelu, dan malu berbicara di hadapan orang banyak. " Kuasai apa yang kita bicarakan, sebelumnya cari info sebanyak-banyaknya baik dari buku, radio, televisi, dan sebagainya, jangan terlalu berfikir kita harus sempurna dan brilian untuk sukses bicara di muka umum, kenali siapa pendengar (audiens) kita, bersuaralah keras dan lantang, bersikap tenang, kalau perlu latihan dulu. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membawa siswa/siswi MTs. Negeri Jonggat mengharumkan nama madrasah terutama dalam lomba pidato bahasa Arab sampai ke tingkat nasional tahun depan, Amin ... ", demikian sambung H. Kemas Burhan.

Menjadi madrasah berprestasi tidaklah mudah, tidak semudah membalikkan telapak tangan dan memerlukan proses yang panjang, tetapi dengan kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh, dan tentu saja dengan dukungan dan kerjasama dari seluruh keluarga besar MTs. Negeri Jonggat, InsyaAllah MTs. Negeri Jonggat Pasti Bisa. (Imam/Ins cancer)  

5861
Share :

INFORMASILAINNYA