BDK DENPASAR GELAR PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU MTs DAN MA LINGKUP KEMENAG KOTA BIMA

Senin, 06 Februari 2017 08:55

BDK DENPASAR GELAR PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU MTs DAN MA LINGKUP KEMENAG KOTA BIMA

Kota Bima_Inmas_Sebanyak 40 orang guru mengikuti Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi Multimedia Bagi Guru di Lingkungan MTs dan MA Kementerian Agama Kota Bima. Kegiatan diklat diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Denpasar. Pelatihan dihelat selama 5 hari yakni sejak tanggal 30/01/2017 s.d  – 03/02/2017, bertempat di Aula MAN 2 Kota Bima, Jl. Wolter Monginsidi No.2 Tolobali Kota Bima NTB. Diklat ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan multimedia bagi guru di lingkup Kementerian Agama Kota Bima.

               Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Drs. H.Syahrir, M.Si membuka secara resmi kegiatan diklat sekaligus memberikan sambutan pada hari Senin, tanggal 30/01/2017 lalu. Hadir dalam acara tersebut  Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Drs. H. A.Munir, Pengawas Pendidikan untuk tingkat MTs dan MA Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Drs. H.Umar, Kepala MAN 1 Kota Bima, H. Syahruddin Arsyad, Kepala MAN 2 Kota Bima, Mansyur, S.Ag, Kepala MTsN 1 Kota Bima, H.Arifin, S.Ag, 2 orang fasilitator/ Widyaiswara, 4 orang panitia pelaksana dari Balai Diklat Keagamaan Denpasar, dan seluruh peserta diklat.       

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Kota Bima menyatakan bahwa kegiatan diklat semacam ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi sehingga akan menciptakan guru-guru yang profesional. Kepala Kantor mengharapkan agar guru berkompetisi meningkatkan profesionalisme, memiliki semangat edukatif karena guru berfungsi sebagai tempat siswa untuk bertanya dan berkonsultasi. Guru berperan sebagai sahabat, bukan sebagai momok bagi siswa.

Para peserta merupakan guru-guru yang berasal dari 10 madrasah yang berada di bawah lingkup Kementerian Agama  Kota Bima, yakni 12 orang dari MTsN 1 Kota Bima, 3 orang dari MTsN 2 Kota Bima, 3 orang dari MTs Al Husainy, 1 orang dari MTs Ash-Shiddiqiyah, 3 orang dari MTs SA Filial MTsN 1 Kota Bima, 1 orang dari MTs Darul Hikmah, 1 orang dari MTs Al Khithab Al-Islamy, 3 orang dari MTs Muhammadiyah, 5 orang dari MAN 1 Kota Bima, dan 8 orang dari MAN 2 Kota Bima. 

Materi diklat antara lain: Setting Arabic Enable, Media Presentasi Menggunakan Program Aplikasi Presentasi, Template Presentasi dengan Slide Master, Penyuntingan Slide, dan Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran (Edmodo). Materi diklat disampaikan oleh 2 orang fasilitator / Widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Denpasar yakni I Wayan Iwantara, S.Si, M.Pd dan Drs. I Made Agus Suarjana, M.Pd.   Selama diklat, setiap peserta diwajibkan membawa laptop karena setelah materi diberikan para peserta langsung mempraktekkan masing-masing.

Saat acara penutupan kegiatan diklat pada Jum’at, 03/02/2017, Kepala Balai Diklat Keagamaan Denpasar, Dr.H. Japar, M.Pd hadir menutup kegiatan secara resmi ditandai dengan pelepasan kartu peserta diklat yang diwakili oleh 2 orang peserta dan diikuti oleh seluruh peserta yang lain. Kepala Diklat memberikan motivasi kepada guru-guru agar selalu meningkatkan profesionalisme. Diharapkan setelah kegiatan pelatihan para peserta dapat mengaplikasikan ke unit kerjanya masing-masing. Kegiatan diklat terkait media pembelajaran ini  bertujuan dalam rangka supaya guru-guru saat kegiatan belajar mengajar mendapatkan hasil yang maksimal dengan menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran juga bertujuan untuk mempercepat dalam mentransfer ilmu sehingga memudahkan siswa untuk mencerna ilmu yang diajarkan guru.

Lebih lanjut Kepala Balai Diklat menjelaskan bahwa kegiatan semacam ini merupakan kegiatan yang sudah sangat terprogram secara rutin untuk wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan Denpasar yang meliputi Provinsi Bali, Provinsi NTB, dan Provinsi NTT. Khusus untuk kegiatan diklat media pembelajaran ini, periode pertama dilaksanakan di seluruh Kemenag Kota dan Kabupaten wilayah Provinsi NTB meliputi Kota Bima, Lombok Timur, Lombok Barat dan Kota Mataram. Untuk periode selanjutnya akan dilaksanakan di Kabupaten Dompu dan sebagainya. Harapan Kepala Balai Diklat agar seluruh ASN secara rutin dapat mengikuti kegiatan diklat semacam ini karena dalam UU ASN dijelaskan bahwa setiap ASN berhak mendapatkan pengembangan kompetensi setiap tahun.     

Adapun panitia pelaksana kegiatan diklat ada 4 orang dari Balai Diklat Keagamaan Denpasar yaitu:  Ketua panitia atas nama Dedy Nur Prasetyo, ST, M.AP, Sekretaris/Akademis atas nama I Gusti Ngurah Suariana, S.Kom, Pengadministrasi Keuangan, Sarana Prasarana dan Kepesertaan, Siti Yulaekah, Pengadministrasi Pembelajaran, Pengadministrasi Evaluasi dan Pelaporan, Ni Siluh Komang Suitri, SE. (Nurrosyidah Yusuf)       

529
Share :

INFORMASI LAINNYA